sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Siap beraksi, terduga teroris di Batang telah uji coba bom

Pemeriksaan laboratorium telah memastikan sejumlah barang yang disita merupakan bahan perakitan bom.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 31 Mar 2020 05:11 WIB
Siap beraksi, terduga teroris di Batang telah uji coba bom
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 28233
Dirawat 18129
Meninggal 1698
Sembuh 8406

Aparat kepolisian menyatakan lima orang terduga teroris yang ditangkap di Batang, Jawa Tengah, telah menyiapkan bom rakitan untuk melakukan aksi teror. 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, kelompok tersebut bahkan sudah pernah menguji bom rakitan yang mereka buat.

"Yang bersangkutan sudah pernah melakukan uji coba. Tidak bisa kami sampaikan di mana," kata Argo dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Senin (30/3).

Menurutnya, pemeriksaan laboratorium telah memastikan sejumlah barang yang disita saat mereka ditangkap pada 25 Maret 2020 lalu adalah bahan perakitan bom. 

Barang yang disita saat itu adalah racikan cairan, switching, dan casing bom. Selain itu, polisi juga menyita satu bungkus korek api besar, 10 resistor, empat ponsel, dan sejumlah dokumen.

"Yang bersangkutan memang akan melakukan suatu aksi. Sebelum melakukan, diamankan oleh Densus 88," ucap Argo.

Adapun lima orang terduga teroris tersebut adalah MS, ZN, MW, dan F. Selain itu, satu terduga teroris lain berinisial MT tewas diterjang timah panas dengan alasan melawan saat penangkapan.

Kelimanya merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Batang, Semarang, Makassar, dan Kendal. Kelimanya ditangkap di Batang dengan rencana aksi yang telah disiapkan.

Sponsored
Berita Lainnya