sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Polisi tangkap Ketua Komisi Nasional Papua Barat

Steven Italy terbukti terlibat dalam kerusuhan di sejumlah daerah di Papua yang telah direncanakan.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 12 Sep 2019 10:59 WIB
Polisi tangkap Ketua Komisi Nasional Papua Barat

Polisi berhasil menangkap Ketua Komisi Nasional Papua Barat (KNPB) Steven Italy. Penangkapan dilakukan di Gerbang Universitas Cendrawasih Papua pada Rabu (11/9) kemarin pukul 17.56 WIT.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo membenarkan penangkapan tersebut.

“Ya betul. Saat ini pelaku sedang didalami perannya dalam kerusuhan di jayapura dan beberapa wilayah di Papua,” kata Dedi saat dikonfirmasi, Kamis (12/9).

Dedi menyatakan penangkapan Steven lantaran terbukti terlibat dalam kerusuhan di sejumlah daerah Papua yang direncanakan. Hal itu diperkuat karena adanya dugaan keterlibatan Steven dengan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP).

“Diduga terkoneksi dengan BW (ULMWP),” ucap Dedi.

Berdasarkan informasi dalam penangkapan Steven disita barang bukti berupa empat telepon genggam, uang tunai Rp5,5 juta, satu flash disk, dan mobil yang digunakan tersangka. Bahkan diketahui Steven juga memiliki catatan kriminal yang pernah dilakukan.

Seperti diketahui, Benny Wenda diduga sebagai dalang di balik kerusuhan yang terjadi akhir Agustus lalu. Sejumlah aktor intelektual pada kerusuhan itu telah ditangkap.

Benny Wenda berada di luar negeri sehingga tidak menjadi wewenang Polri untuk melakukan penangkapan karena ia berstatus warga negara asing. Namun Benny Wenda dipastikan akan diproses secara politik.

Sponsored