sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tinjau kesiapan pos penyekatan mudik, Kapolda: Sudah siap 80%

Terdapat 31 lokasi penyekatan wilayah Polda Metro Jaya.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 29 Apr 2021 17:20 WIB
Tinjau kesiapan pos penyekatan mudik, Kapolda: Sudah siap 80%

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran memastikan kesiapan pos penyekatan pemudik sudah hampir rampung. Dia pun memastikan, pos telah didirikan hingga jalur tikus.

"Jadi, Operasi Kemanusiaan dan Operasi Penyekatan dari larangan mudik. Mudah-mudahan saya melihat kesiapannya sudah 80% tinggal nanti kami bangunkan posko," ucap Fadil dalam keterangan resminya, Kamis (29/4).

Fadil mengatakan, hal itu setelah meninjau langsung lokasi penyekatan, salah satunya di gerbang Tol Cikarang Barat.

Fadil menambahkan, beberapa posko memang masih dalam proses perampungan. Fadil menyebut, akan ada 31 lokasi yang diwaspadai sebagai keluarnya pemudik dari Jakarta. 

Sponsored

"Ada 31 titik, 14 itu penyekatan, kemudian 17 adalah check point. Di samping kami melakukan penyekatan juga melakukan langkah-langkat kuratif berupa tes swab antigen gratis," tutur Fadil.

Untuk diketahui, secara keseluruhan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan penyekatan di 333 titik. Ratusan titik penyekatan itu dipastikan telah melingkupi jalan tikus yang berkemungkinan meloloskan para pemudik. Daerah Jawa Tengah menjadi wilayah dengan tujuan terbanyak berdasarkan data Korlantas.

Dalam pelarangan mudik, aparat kepolisian juga mengantisipasi travel gelap yang memantu meloloskan pemudik. Travel gelap itu akan ditahan sampai Operasi Ketupat 2021 selesai.

Berita Lainnya