sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Vanessa Angel resmi tersangka

VA dijerat UU ITE karena menyebarkan foto dan video bugil kepada muncikari

Adi Suprayitno
Adi Suprayitno Rabu, 16 Jan 2019 16:35 WIB
Vanessa Angel resmi tersangka
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1986
Dirawat 1671
Meninggal 181
Sembuh 134

Pemain sinetron Film Televisi (FTV), Vanessa Angel akhirnya ditetapkan tersangka oleh Kepolisian Daerah Jawa Timur. Penetapan tersangka ini karena Vanessa ikut terlibat dalam prostitusi online.

"VA ini sudah jelas melanggar pasal 27 ayat 1 UU ITE karena terbukti ikut mengeksploitasi dirinya untuk bisnis prostitusi online," ungkap Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, di Mapolda Jatim, Rabu (16/1).

VA dijerat UU ITE karena menyebarkan foto dan video bugil kepada muncikari Endang Suhartini. Dengan foto dan video porno tersebut, ES dapat menggaet pelanggan. Bukti ini berdasarkan hasil penyidikan digital forensik dari ponsel Vanessa dan para muncikari.

Vanessa sudah menggeluti bisnis haram tersebut sejak 2017 dan sering melayani para hidung belang.Polisi menemukan ada sembilan transaksi yang dilakukan Vanessa dari 15 transaksi. Di mana, dua transaksi di Singapura, enam transaksi di Jakarta dan satu di Surabaya.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus prostitusi online, Vanessa Angel akan dipanggil oleh Polda Jawa Timur pada Senin (21/1) mendatang. Vanessa akan ditahan setelah memenuhi panggilan Tim Subdit V Cyber Ditreskrimsus Polda Jatim.

Kapolda Jatim mengaku penetapan Vanessa sebagai tersangka berdasarkan hasil pengembangan penyidikan, gelar perkara, keterangan dari ahli pidana ahli bahasa, ahli ITE, Kementerian Agama, dan MUI.

"Mulai hari ini, kami tetapkan Vanessa sebagai tersangka atas kasus prostitusi online. Pasal yang dijerat ke VA adalah pasal 27 undang-undang ITE," tegas Luki.

Untuk diketahui, Vanessa digerebek Polda pada Sabtu (5/1) di salah satu hotel di Surabaya. Vanessa digerebek saat melayani pelanggannya melalui perantara muncikari Endang dan Tantri. 

Sponsored

Polda langsung mengembang kasus tersebut dan ditemukan ada 45 artis dan 100 model. Polisi masih mengembangkan kasus ini untuk mengungkap artis dan muncikari yang terlibat prostitusi daring.

 
Berita Lainnya