sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Wawancara Siti Fadilah dengan Deddy Corbuzier langgar peraturan

Wawancara dilakukan saat Siti menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto.

Manda Firmansyah
Manda Firmansyah Selasa, 26 Mei 2020 12:25 WIB
Wawancara Siti Fadilah dengan Deddy Corbuzier langgar peraturan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 64958
Dirawat 31798
Meninggal 3241
Sembuh 29919

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menyatakan, wawancara antara terpidana kasus suap pengadaan alat kesehatan (alkes), Siti Fadilah Supari, dengan youtuber, Deddy Corbuzier, melanggar ketentuan berlaku.

Sesuai Pasal 28 ayat (1) Peraturan Menkumham (Permenkumham) Nomor M.HH-01.IN.04.03, peliputan untuk kepentingan penyediaan informasi dan dokumentasi harus mendapat izin tertulis dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS). Sedangkan pasal Pasal 30 ayat (3) mengatur, peliputan hanya dapat dilakukan pada hari kerja dan Pasal 30 ayat (4) menyebut, pelaksanaan peliputan juga harus didampingi pegawai pemasyarakatan.

"Pasal 32 ayat (2) menyatakan, bahwa wawancara terhadap narapidana hanya dapat dilakukan jika berkaitan dengan pembinaan narapidana," ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen PAS Kemenkumham, Rika Aprianti, via keterangan tertulis, Selasa (26/5).

Wawancara tersebut, imbuh dia, terjadi saat Siti tengah menjalani perawatan terkait diagnosis asma di kamar 206 Ruang Paviliun Kartika Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta. Pengobatan sesuai surat keterangan dan rekomendasi dr. Iwan Agus Putra, agar melakukan kontrol di Klinik Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu, Jakarta, pada 22 Mei 2020.

Rika menduga, wawancara diperkirakan berlangsung pada Rabu (20/5) malam, sekitar pukul 21.30. Kala itu, empat orang–yang terdiri dari dua laki-laki dan dua perempuan–mengenakan masker masuk ke ruang rawat Siti.

"Salah satunya menggunakan penutup kepala dari jaket dan mengenakan ransel. Satu di antaranya, adalah Deddy Corbuzier," jelasnya.

Dirinya mengklaim, petugas jaga tidak sempat bertanya keperluan empat orang tersebut karena pintu kamar sudah telanjur dikunci dari dalam. Bahkan, perawat yang hendak memberi obat-obatan dilarang masuk oleh pihak keluarga. Setelahnya, Siti dikembalikan ke rutan untuk melakukan rawat jalan. 

Selama menjalani pidana di Rutan Pondok Bambu, lanjut Rika, Siti mendapat perawatan dari tim medis dan fasilitas kesehatan, kecuali yang harus dirujuk ke RSPAD.

Sponsored

Deddy mengunggah hasil wawancaranya dengan Siti di akun Youtubenya. Video berdurasi sekitar 25 menit itu berjudul "Siti Fadilah, Sebuah Konspirasi - Saya Dikorbankan (Exclusive)".

Sementara, Rika mengaku, baru mengetahui wawancara tersebut usai video diunggah di akun Instagram Deddy, Kamis (21/5).

Serba bisa BIN di panggung corona 

Serba bisa BIN di panggung corona 

Selasa, 07 Jul 2020 06:01 WIB
Berharap vaksin dengan anggaran mini

Berharap vaksin dengan anggaran mini

Senin, 06 Jul 2020 19:00 WIB
Berita Lainnya