sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BRI Liga 1: Persela Lamongan tekuk Persipura Jayapura 1-0

Persela Lamongan mempertahankan posisinya di peringkat ketujuh klasemen dengan kemenangan ini.

Michael Jason Saputra
Michael Jason Saputra Jumat, 10 Sep 2021 19:58 WIB
BRI Liga 1: Persela Lamongan tekuk Persipura Jayapura 1-0

Persela Lamongan membuka perjalanannya di pekan kedua BRI Liga 1 musim 2021 dengan gemilang. Dalam pertandingan melawan Persipura Jayapura yang digelar di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, pada Jumat (10/9) sore, Laskar Joko Tingkir unggul 1-0.

Persela sempat menerima kartu kuning di menit keempat berjalannya laga. Wasit Gedion Dapaherang menghadiahi kartu kuning pada gelandang penyerang bernomor punggung 66, Akbar, karena sleding agresifnya mengakibatkan salah satu pemain Persipura terguling.

Persipura kemudian mencoba membobol gawang jagaan Dwi Kuswanto, tetapi gagal dan berakhir dengan offside. Begitu pula dengan umpan panjang Mochamad Zaenuri pada menit kedelapan.

Pada menit ke-10, Mutiara Hitam kembali mengancam gawang Persela. Namun, percobaan serangan oleh bek kiri David Rumakiek berhasil digagalkan bek tengah Persela, Demerson.

Dewa Mars kini berganti ke sisi lapangan Persipura. Seakan mencoba menebus dosa kartu kuningnya dengan sebuah gol, Malik Risaldi mencoba melemparkan serangan ke gawang tim asuh Jacksen F. Tiago ini. Sayang, usahanya berhasil digagalkan bek tengah Ricardo Salampessy. Gawang Persipura selamat meskipun bola berakhir dengan offside.

Gol pertama dan satu-satunya dalam pertandingan ini tercipta pada menit ke-12 oleh Ivan Carlos, penyerang tengah Persela Lamongan yang kembali bergabung pada Juni lalu, setelah melalang buana selama empat tahun. Carlos terlihat menerima umpan panjang dari penyerang sayap kanan, Malik Risaldi, sebelum akhirnya membobol gawang Fitrul Rustapa.

Insiden sempat terjadi pada menit ke-14. Percobaan umpan bek tengah Persipura, Israel Wamiau, setelah bola offside mengenali bagian sisi penyerang sayap kiri Persela, Riyatno Abiyoso, dengan cukup keras. Kendati demikian, Abiyoso kembali ikut pertandingan seperti biasa.

Pada menit ke-15, umpan panjang penyerang tengah Persipura, Yevgen Bokhashvili, berakhir dengan kegagalan. Dua menit berselang, Ivan Carlos mencoba kembali membobol gawang Persipura, kali ini dengan sundulan tetapi gagal.

Sponsored

Pada menit ke-22, benturan keras antara Muhammad Tahir dan Malik Risaldi berujung pada kartu kuning bagi sang gelandang tengah Persipura itu. Pada menit ke-24, Abiyoso diberikan kesempatan free kick, tetapi gagal mengonversinya menjadi gol.

Pada menit 28, giliran gelandang penyerang tim besutan Iwan Setiawan, Gian Zola, mendapat kartu kuning karena menjatuhkan David Rumakiek. Pada menit ke-39, Akbar dari Persela kembali memperoleh kartu kuningnya yang kedua.

Babak kedua dimulai dan berlangsung tanpa gol maupun kartu kuning apa pun. Namun, Ivan Carlos harus digantikan dengan penyerang tengah Persela, Risqki Putra Utomo, akibat cedera.

Begitu pula Malik Risaldi, dia digantikan penyerang tengah, Ibrahim Musa Kosepa, pada menit ke-88 pertandingan akibat cedera. Pertandingan pun berakhir dengan Laskar Joko Tingkir pimpinan Ahmad Birrul Walidain unggul atas Mutiara Hitam.

Dengan demikian, Persela Lamongan sukses mempertahankan posisinya di peringkat ketujuh klasemen BRI Liga 1 2021. Posisinya tertinggal di belakang Borneo FC, PSIS Semarang, Bhayangkara FC, Persita Tangerang, Bali United, dan Persib Bandung. Sementara itu, Persipura Jayapura masih berada di posisi ke-18 di bawah.

Berita Lainnya

Lenovo perkenalkan 4 laptop gaming baru

Rabu, 22 Sep 2021 20:44 WIB

Pemkot Pekalongan Aktifkan Kembali Bank Sampah

Kamis, 23 Sep 2021 09:29 WIB

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB