sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bungkam Vietnam, Thailand juara Piala AFF 2022

Hasil ini membuat Thailand mengantongi tujuh gelar Piala AFF.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Senin, 16 Jan 2023 21:29 WIB
Bungkam Vietnam, Thailand juara Piala AFF 2022

Gelar raja sepak bola Asia Tenggara kembali harus disematkan kepada Thailand. Tim Gajah Perang itu sukses menyegel gelar juara Piala AFF 2022 setelah mengalahkan Vietnam di final 1-0. 

Thailand yang bermain di kandang sendiri, Stadion Thammasat, Senin (16), langsung memetik keunggulan saat babak pertama baru berjalan 24 menit. Gol dicetak Theerathon Bunmathan. Bola sepakannya dari luar kotak penalti, melesat ke pojok gawang Vietnam yang dikawal, kiper Dang Van Lam.

Setelah gol, Vietnam mencoba bangkit, namun Thailand tetap bermain dengan penuh kesabaran mengandalkan umpan-umpan dengan organisasi permainan yang matang sehingga masih mendominasi laga. 
 
Pada babak kedua, tempo permainan kedua tim tidak banyak berubah, namun Thailand lebih banyak fokus bertahan dan sesekali melakukan serangan menunggu para pemain Vietnam membuat kesalahan. Pun begitu, para pemain Thailand tidak mengandalkan kecepatan sayap dan lebih mengandalkan transisi dengan aliran bola dari kaki ke kaki.

Hingga akhir pertandingan, Vietnam tidak mampu membalas gol dan harus mengakui keunggulan Thailand dengan agregat 3-2, setelah di leg pertama kedua tim bermain imbang 2-2. 

Hasil ini membuat Thailand mengantongi tujuh gelar Piala AFF, sekaligus mempertahankan gelar juara yang sebelumnya diraih pada Piala AFF 2020, dengan mengalahkan Indonesia di partai puncak. 

Bukan kali ini saja Thailand mencicipi dua gelar juara secara beruntun. Sebelumnya, Thailand telah dua kali sukses mempertahankan gelar juara beruntun yakni ketika 2000-2002, dan 2014-2016. 

Sepanjang gelaran Piala AFF, Thailand hanya gagal di final sebanyak tiga kali yakni pada edisi 2007 (kalah dari Singapura), 2008 (kalah dari Vietnam), dan 2012 (kalah dari Singapura).

Sementara bagi Vietnam ini adalah final keempat kali di Piala AFF. Sebelumnya Vietnam mampu menembus final pada 1998, 2008 (juara), dan 2018 (juara). Kekalahan dari Thailand di final ini menjadi kekalahan kedua kalinya bagi Vietnam di Final Piala AFF. 

Sponsored
Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid