logo alinea.id logo alinea.id

City gulung tim kasta kedua di Piala FA

Kemenangan City disokong tujuh pencetak gol berbeda di laga tersebut, termasuk sebuah gol bunuh diri dari bek Rotherham, Semi Ayaji,

Hermansah Senin, 07 Jan 2019 00:38 WIB
City gulung tim kasta kedua di Piala FA

Manchester City berhasil menggulung tim kasta kedua Rotherham United dengan skor 7-0 dalam laga putaran ketiga Piala FA di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Minggu.

Kemenangan City disokong tujuh pencetak gol berbeda di laga tersebut, termasuk sebuah gol bunuh diri dari bek Rotherham, Semi Ayaji, demikian catatan pertandingan laman resmi FA.

Hasil itu membuat City menyusul tim-tim Liga Inggris lainnya yang sudah lebih dulu melangkah ke putaran keempat Piala FA seperti Tottenham Hotspur, Manchester United, Chelsea, Everton dan Arsenal.

Raheem Sterling membuka pesta gol City pada menit ke-12 lewat kerja sama umpan satu dua sentuhan bersama Kevin De Bruyne yang diselesaikan dengan tembakan terarah ke gawang Marek Rodak.

Tim tamu sempat memberikan perlawanan dan menciptakan kemelut di depan gawang City ketika Anthony Forde menutup jalur umpan kiper Ederson Moraes, namun John Stones berada di posisi tepat untuk mengamankan bola.

City akhirnya menggandakan keunggulan pada menit ke-43 saat Phil Foden mencetak gol menyambut umpan Ilkay Guendogan. Gol itu merupakan gol kedua talenta muda tersebut bagi City di semua kompetisi.

Lantas pada masa injury time keunggulan City bertambah menjadi 3-0 saat umpan silang Kyle Walker yang berusaha dihalau Ayaji malah mengarahkan bola ke gawang sendiri.

Keunggulan tiga gol tak mengendurkan serangan City yang memperbesar skor menjadi 4-0 saat babak kedua baru berjalan tujuh menit. Berawal akselerasi Sterling, ia melanjutkannya dengan umpan matang di muka gawang yang diselesaikan oleh Gabriel Jesus.

Sponsored

Pada menit ke-73 giliran Riyad Mahrez yang mencatatkan namanya di papan skor dengan penyelesaian terarah dari lubang selangkangan Rodak setelah ia melakukan umpan satu dua sentuhan bersama Guendogan.

Lima menit kemudian Guendogan mencatatkan assist ketiganya dengan mengirimkan sepak pojok ke area tiang dekat di mana Nicolas Otamendi menanti dengan sundulan keras, mengubah kedudukan menjadi 6-0.

Gol pamungkas City di laga itu tercipta lima menit jelang waktu normal usai, ketika Leroy Sane menyelesaikan umpan satu dua sentuhan dengan Guendogan sebelum melewati Ayaji dan melepaskan tembakan dari tepian kotak penalti.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi FA:

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes; Kyle Walker, John Stones (Danilo), Nicolas Otamendi, Olexandr Zinchenko; Kevin De Bruyne (Philippe Sandler), Ilkay Guendogan, Phil Foden; Riyad Mahrez, Gabriel Jesus, Raheem Sterling (Leroy Sane) Pelatih: Pep Guardiola

Rotherham United (4-4-1-1): Marek Rodak; Zak Vyner (Richard Wood), Semi Ajayi, Clark Robertson, Joe Mattock; Jon Taylor (Sean Raggett), Will Vaulks, Ryan Williams, Anthony Forde; Ben Wiles; Michael Smith Pelatih: Paul Warne

(ant)