sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Dua gol cepat Vietnam hentikan kepakan sayap Timnas Garuda

Gol Vietnam dicetak oleh Nguyen TIen Linh pada menit kedua babak kedua, dan menit ke tiga awal babak pertama.

Immanuel Christian
Immanuel Christian Senin, 09 Jan 2023 21:27 WIB
Dua gol cepat Vietnam hentikan kepakan sayap Timnas Garuda

Pertandingan semifinal putaran kedua Piala AFF antara Vietnam vs Indonesia berhasil dimenangkan tuan rumah dengan skor 2-0. Gol dicetak oleh Nguyen TIen Linh pada menit kedua babak kedua, dan menit ke tiga awal babak pertama.

Setelah itu, babak kedua kembali dimulai dengan jual beli serangan. Indonesia sempat mendapatkan peluang pada menit ke-52.

Saat itu, Nguyen Thanh Cung menjatuhkan Dendy Sulistyawan. Alhasil, Indonesia mendapatkan tendangan bebas, sayangnya Marc Klok gagal membuatnya menjadi sebuah gol.

Vietnam pun membalasnya dengan peluang pada menit ke-53. Pertahanan Indonesia berhasil mematahkan peluang emas itu.

Selang empat menit, Indonesia memasukkan dua pemainnya. Witan Sulaeman dan Ricky Kambuaya masuk menggantikan Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam, untuk memangkas ketertinggalan dua gol.

Sayangnya, tujuan itu belum berhasil, karena Vietnam lantas melakukan serangan cepat pada menit ke-59. Bola dari Doan Van Hau diarahkan ke Pham Tuan Hai. Sepakan dilakukan Tuan Hai, Nadeo masih bisa mengantisipasi dengan baik.

Pada menit ke-61, serangan balik Vietnam menghasilkan peluang, namun momentum hilang karena pemain-pemain Indonesia bisa langsung menutup dengan cepat. Serangan Vietnam masih memiliki peluang dari sepak pojok, tetapi eksekusi Nguyen Quang Hai lewat sepakan voli masih melebar dari gawang Indonesia.

Menit ke-63 dan ke-64, Indonesia membalas peluang itu dengan sundulan Fachruddin Wahyudi Aryanto. Fachruddin memanfaatkan bola sepak pojok Marc Klok masih melenceng dari gawang Vietnam. Masih aman gawang Vietnam.

Sponsored

Tidak lama, tendangan Marselino membuat bola ke arah gawang. Sayangnya, tidak ada rekan menyambut sehingga Van Lam bisa tenang mengamankan bola.

Tiga menit kemudian, Arhan berupaya memberi assist lewat lemparan ke dalam dan crossing kaki kiri, akan tetapi bola masih bisa diamankan barisan pertahanan Vietnam dan kiper Van Lam.

Sisa 16 menit waktu normal, bola mati dari Indonesia lagi-lagi belum bisa mengubah angka di papan skor. Kendati demikian ada perubahan cara dalam mengambil sepak pojok dan tampaknya tetap mencoba kreatif dalam membongkar pertahanan lawan.

Bahkan, Ricky Kambuaya mendapat kartu kuning dari wasit setelah terjadi insiden antara Marc Klok dan Doan Van Hau di kotak penalti Indonesia dalam situasi tendangan pojok untuk Vietnam.

11 menit sebelum berakhir, M Rafli dan Ilija Spasojevic masuk menggantikan Rizky Ridho dan Marcelino Ferdinan. Dengan begitu, Indonesia dalam posisi total menyerang.

Vietnam tidak lagi mendominasi bola dan mencoba serangan balik. Kendati demikian, keberadaan M Rafli, Spasojevic, dan Dendy belum bisa membongkar pertahanan lawan, lantaran open play maupun set piece masih menemukan kendala.

Menit akhir, peluang berbahaya dimiliki Nguyen Quang Hai. Bola masih bisa ditepis Nadeo dan menghasilkan tendangan penjuru bagi Vietnam. Wasit memberikan tambahan waktu lima menit, dan lagi-lagi tidak dapat dimanfaatkan menjadi satu gol oleh Timnas Garuda.

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid