sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Giovanni van Bronckhorst pelatih Rangers selanjutnya?

Giovanni van Bronckhorst tercatat pernah membela Rangers pada era 1998-2001 sebagai gelandang.

Michael Jason Saputra
Michael Jason Saputra Jumat, 12 Nov 2021 13:06 WIB
Giovanni van Bronckhorst pelatih Rangers selanjutnya?

Pelatih Rangers Steven Gerrard secara resmi meninggalkan klub nomor satu Liga Utama Skotlandia tersebut untuk bergabung sebagai pelatih baru Aston Villa pada Kamis (11/11) lalu. Menyusul kepergian Gerrard, sejumlah nama beredar sebagai kandidat penggantinya di kursi kepelatihan The Teddy Bears. Kendati demikian, nama Giovanni van Bronckhorst tampaknya menjadi favorit di kalangan pencinta olahraga bola tendang Negeri Loch Ness Monster tersebut.

Giovanni van Bronckhorst tercatat pernah membela Rangers pada era 1998-2001 sebagai gelandang. Ia tercatat menyumbangkan 22 gol dalam 117 pertandingan selama bermain dalam klub tersebut. Ini adalah rekor kedua tertingginya setelah 25 gol dalam 126 pertandingan di klub asal kota kelahirannya Feyenoord Rotterdam, di mana van Bronckhorst juga tercatat mengawali karier profesional seniornya.

Musim 1998/1999 adalah musim pertama sekaligus bisa jadi era kejayaan pemain sepak bola asal Belanda tersebut di Rangers. Rangers menyabet gelar juara Scottish Premier League, Scottish Cup, dan Scottish League Cup pada musim itu.

Treble domestik yang diraihnya bersama Rangers merupakan treble kedua terbaru klub asal Glasgow, Skotlandia tersebut setelah treble musim 2002/2003. Selain itu, van Bronckhorst juga meraih gelar juara Scottish Champion pada musim 1999/2000 dan 2000/2001, serta gelar juara Scottish Cup pada 1999/2000 selama di klub itu di bawah kepelatihan Dick Advocaat.

Pada level internasional, sang mantan pemain berusia 46 tahun tersebut tercatat membela Belanda pada era 1996-2010. Ia pun lantas didapuk pelatih asisten Feyenoord Rotterdam pada 2011, dipromosikan menjadi pelatih kepala pada 2015 hingga 2019. Terakhir pada 2020 van Bronckhorst tercatat melatih klub asal Tiongkok Guangzhou R&F.

Akun Twitter @ODDSbible menempatkan angka harga probabilitas van Bronckhorst untuk mengasuh Rangers pada 1/2. Laporan dari The Herald, Scotsman, dan Glasgow Times pun lantas menyebutnya sebagai kandidat pelatih terfavorit untuk Rangers usai kepergian Gerrard.

Sementara itu, mengutip laporan Daily Record, gaya bermain dan formasi pilihan Bronckhorst bisa jadi faktor yang membuatnya pelatih berikutnya yang tepat untuk Rangers.

“Nampaknya semua hal terlihat sempurna untuk Bronckhorst kembali ke Rangers sebagai manajer. Dia bermain hampir secara eksklusif (menggunakan formasi) 4-3-3, yang sesuai dengan Rangers. Tim-timnya biasanya terbentuk baik dalam pertahanan. Tetapi ketika dia menjabat sebagai manajer di Feyenoord, dia akan menggunakan taktik bertahan melawan Ajax dan PSV. Ini dapat terbukti menguntungkan di (level permainan laga kontinental) Eropa,” tulisnya.

Sponsored

Selain itu, sejumlah nama mentereng lainnya seperti mantan pemain Manchester United Wayne Rooney dan mantan pelatih Newcastle United Steve Bruce dalam daftar tersebut. Mantan pelatih Aston Villa Dean Smith yang digantikan oleh Gerrard juga tercantum dalam daftar kandidat potensial itu.

Terdapat juga nama-nama seperti John Terry, Duncan Ferguson, Gennaro Gattuso, Daniel Farke, Alan Pardew, dan Mark Hughes sebagai kandidat pengisi kursi kepelatihan The Teddy Bears. Namun dengan nama van Bronckhorst masih bercokol di paling atas, memberi kemungkinan tersendiri posisi favoritnya sebagai kandidat pelatih Rangers.

 

Sumber: Twitter @ODDSbibl

Berita Lainnya
×
tekid