sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Penyelam berusia 100 tahun beraksi di Kejuaraan Dunia 2024

Sejak Askari mulai menyelam, olahraga ini telah banyak berubah.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Senin, 12 Feb 2024 19:16 WIB
Penyelam berusia 100 tahun beraksi di Kejuaraan Dunia 2024

Berdiri di tepi platform dengan air beriak di bawahnya, Taghi Askari yang berusia 100 tahun bersiap untuk menyelam seperti yang telah dilakukannya berkali-kali sebelumnya.

Atlet Iran ini memenangkan medali perak dan perunggu di Asian Games pertama pada tahun 1951 dan Askari tidak pernah kehilangan minatnya terhadap olahraga ini.

Maju ke tahun 2024 dan penyelaman eksibisinya di Kejuaraan Dunia 2024 di Doha pada hari Jumat menandai dua minggu menuju Kejuaraan Master Akuatik Dunia di mana ia akan menjadi pesaing tertua.

“Bagi saya, saya memiliki kecintaan terhadap menyelam sejak remaja hingga saat ini. Saya selalu suka menyelam. Tidak ada yang berubah antara tahun 1951 dan sekarang, kecuali penampilan saya!” Askari mengatakan kepada Dunia Akuatik.

Askari pertama kali menyelam di kolam renang dekat rumah masa kecilnya di Iran di mana anak-anak lain berjungkir balik ke dalam air.

Hal ini memicu kecintaannya terhadap menyelam, dan ia kemudian memenangkan medali di Asian Games dan gelar nasional.

“Saat saya berlaga di tingkat nasional, kejuaraan terakhir yang saya lakukan adalah saat saya berusia 41 tahun,” ujarnya.

“Saya meraih medali emas di tingkat nasional, dan setelah itu, saya mengucapkan selamat tinggal pada olahraga tersebut, tetapi setidaknya dengan medali emas.”

Sponsored

Sejak Askari mulai menyelam, olahraga ini telah banyak berubah.

“Pada saat pertandingan tersebut diadakan di Teheran pada tahun 1974, para perenang Tiongkok telah memasuki olahraga yang indah ini dan mereka mulai berkembang pesat – kami tidak dapat mengejar mereka karena kami tetap berada pada level yang sama saat kami memulainya,” katanya.

Pemain Iran ini akan menjadi salah satu pesaing di Kejuaraan Master Akuatik Dunia – sebuah kompetisi yang diadakan tak lama setelah kejuaraan dunia elit yang terbuka untuk peserta berusia di atas 25 tahun.

Sumber : CNN

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid