logo alinea.id logo alinea.id

Jelang 22 Mei 2019, mengapa Prabowo pergi ke Brunei?

Capres Prabowo Subianto terbang ke Brunei Darussalam menggunakan pesawat jet pribadi dari Bandara Halim Perdanakusuma.

Sukirno
Sukirno Minggu, 19 Mei 2019 01:07 WIB
Jelang 22 Mei 2019, mengapa Prabowo pergi ke Brunei?

Capres Prabowo Subianto terbang ke Brunei Darussalam menggunakan pesawat jet pribadi dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM membenarkan bahwa calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto bepergian ke Brunei Darusalam pada Kamis (16/5).

"Pak Prabowo pergi ke Bandar Sri Begawan dari Halim Perdanakusuma pada 16 Mei 2019 pukul 12.10 WIB," ujar Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham Sam Fernando di Jakarta, Sabtu (18/5).

Fernando mengungkapkan Prabowo pergi menuju Bandar Sri Begawan menggunakan pesawat pribadi miliknya 9H-NYC Embraer 190-Lineage 1000. Berdasarkan catatan Ditjen Imigrasi, Prabowo tiba di Indonesia pada hari yang sama, yaitu Kamis (16/5) pada pukul 20.12 WIB.

Sebelumnya telah beredar di media sosial, foto capres nomor urut 02 tersebut sedang berada di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, yang hendak bersiap untuk pergi ke luar negeri menggunakan pesawat pribadi.

BPN tak tahu

Kendati demikian, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno membantah kepergian Prabowo ke luar negeri. Dilansir dari media sosial milik Koordinator Jubir BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, pihaknya membenarkan bahwa foto tersebut memang benar foto Prabowo yang hendak berpergian ke luar negeri.

Danhil menjelaskan foto itu adalah foto lama yang kembali disebarkan. "Siang tadi Pak Prabowo salat Jumat di Hambalang dan sampai malam tadi beraktivitas di Kertanegara 4. Jadi, foto-foto yang tersebar benar foto beliau ke luar negeri namun foto lama," demikian kicau Danhil dalam media sosialnya.

Terpisah, Juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, mengonfirmasi calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto masih tetap berada di Indonesia.

Sponsored

Hal itu dikatakannya membantah isu yang berkembang kalau Ketua Umum DPP Partai Gerindra tersebut berada di Brunei Darussalam. "Pak Prabowo masih ada di Indonesia, di kediamannya di Kertanegara, Jakarta," kata Andre di Jakarta, Sabtu (18/5).

Dia mengatakan Prabowo tiap siang hingga malam berada di Kertanegara IV dan pada malam hari kembali ke kediamannya di Hambalang. Menurut dia, Prabowo tetap berada di Indonesia memantau proses Pemilu 2019 yang sedang berjalan.

Terkait beredarnya foto Prabowo berada di Brunei, Andre mengaku tidak tahu secara pasti dan kemungkinan foto lama. "Mungkin itu foto lama, saya juga tidak tahu kapan foto itu diambil," ujarnya.

Sebelumnya beredar foto di kalangan wartawan yang memperlihatkan foto Prabowo di sebuah bandara bersama rombongan. Dalam foto tersebut Prabowo mengenakan setelan jas hitam lengkap dengan pecinya.

Tampak sejumlah orang mendampingi Prabowo, yaitu Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono, ajudan atau sekretaris Prabowo, Rizky Irmansyah, dan ustaz Ansufri Idrus Sambo.

Politikus Partai Berkarya Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto mengatakan Prabowo Subianto masih berada di Indonesia.

"Setahu saya masih di Indonesia, tanyalah ke Kertanegara (rumah Prabowo)," kata Titiek usai menghadiri deklarasi Gerakan Kedaulatan Rakyat di Jalan Proklamasi, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat, (17/5).

Menurut Titiek bila foto tersebut kemudian dikaitkan dengan situasi politik terkini, sangat tidak relevan karena tidak ada alasan Prabowo untuk ke luar negeri. (Ant).