sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Aklamasi, AHY resmi menjadi ketum Demokrat

AHY menggantikan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono sebagai orang nomor satu di Partai Demokrat.

Akbar Ridwan
Akbar Ridwan Minggu, 15 Mar 2020 15:14 WIB
Aklamasi, AHY resmi menjadi ketum Demokrat
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Agus Harimurti Yudhoyono resmi menjadi Ketua Umum Partai Demokrat. Keputusan ini disepakati dalam Kongres V Partai Demokrat di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta yang berlangsung pada hari ini.  

Didapuknya AHY ini berarti memperpanjang trah 'Cikeas' dalam memimpin partai berlambang mercy tersebut. AHY menggantikan ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono sebagai orang nomor satu di Partai Demokrat.

Keputusan tersebut dibacakan langsung oleh Pimpinan Sidang Kongres V Partai Demokrat, Evert Ernest Mangindaan dalam video yang diunggah oleh politikus Partai Demokrat Jansen Sitindaon lewat akun Twitter pribadinya @jansen_jsp. Berdurasi 02.20 menit, video itu memperlihatkan detik-detik AHY terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

"Setelah kami melakukan verifikasi administrasi calon ketua umum, dan dikatakan memenuhi persyaraatan, maka berdasarkan Pasal 25 ayat 6 dan ayat 7 peraturan tata tertib kongres telah ditetapkan secara aklamasi Bapak Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Ketua Umum Demokrat 2020 - 2025," kata Mangindaan dalam video yang diunggah akun Twitter Jansen, Jakarta, Minggu (15/3).

Setelah membacakan itu, dia menanyakan apakah peserta yang mempunyai hak suara menyetujui atau tidak. Secara kompak, mereka mengatakan setuju. "Apakah dapat disetujui?" tanya Mangidaan kepada peserta.

"Ya," jawab peserta secara secara bersamaan yang diikuti tepuk tangan.

Sejak awal Agus Harimurti Yudhoyono memang diunggulkan dalam pemilihan Ketua Umum Partai Demokrat. Musababnya, dalam kongres kelima partai berlambang mercy tersebut, AHY memperoleh 90% dukungan dari pemegang hak suara.

Hak suara sendiri diperuntukan bagi ketua dewan pimpinan daerah dan ketua dewan pimpinan cabang. Ihwal itu diungkap langsung Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Irwan.

Sponsored
Berita Lainnya