sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Demokrat AHY: Surat PAW Jhoni Allen tertahan di pimpinan DPR

Demokrat kubu AHY siapkan kader pengganti Jhoni Allen Marbun di DPR.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Selasa, 23 Mar 2021 18:44 WIB
Demokrat AHY: Surat PAW Jhoni Allen tertahan di pimpinan DPR
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Fraksi Partai Demokrat (FPD) kubu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku telah melayangkan surat pemberhentian Jhoni Allen Marbun sebagai anggota DPR RI kepada Puan Maharani Cs. Namun, FPD menilai surat tersebut tidak dilayangkan pimpinan DPR RI ke Presiden Joko Widodo lantaran adanya gugatan yang dilayangkan Jhoni Allen.

"Kemungkinan sesuatu masih tertahan di pimpinan (DPR RI) karena kan Pak Jhoni Allen sedang menggugat di PN, karena di UU MD3, saya lupa pasal berapa, kalau ada gugatan maka surat itu tidak diteruskan dulu, sampai ada keputusan inkrah," kata Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Marwan Cik Hasan, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (23/3).

Terlepas dari surat pergantian antar-waktu (PAW) itu, Marwan mengaku pihaknya telah menyiapkan kader untuk menggantikan posisi Jhoni di DPR RI. Namun, pihaknya tak dapat memproses kader pengganti Jhoni.

"Iya sudah disiapkan, tetapi belum bisa kita proses, belum bisa kita usulkan kalau surat pemberhentiannya belum kita terima, kan surat pemberhentiannya SK nanti dari presiden," terang Marwan.

Sponsored

Sebagai informasi, Jhoni Allen Marbun merupakan anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat dari Dapil Sumatra II. Dia telah dipecat oleh Agus Harimurti Yudhoyono lantaran terbukti melakukan gerakan pendongkelan bersama lima kader lainnya.

Jhoni cs kemudian melansungkan Kongres Luar Biasa (KLB) Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara pada 5 Maret 2021. Dalam KLB itu, KSP Moeldoko terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum.

Nama Moeldoko sudah terseret dalam pusaran kudeta kepemimpinan Ketua Umum Demokrat sekitar sebulan sebelum KLB berlangsung. Dalam kepengurusan Demokrat kubu Moeldoko, nama Jhoni diketahui menjabat sebagai sekretaris jenderal.

Berita Lainnya