sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Eks kader bersumpah SBY tak berkeringat bangun partai, Demokrat: Tinggal di Mars kali

Demokrart sebut Jhoni Allen Marbun telah memanipulasi sejarah

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Senin, 01 Mar 2021 14:24 WIB
Eks kader bersumpah SBY tak berkeringat bangun partai, Demokrat: Tinggal di Mars kali

Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrat menilai Jhoni Allen Marbun telah memanipulasi sejarah ihwal tudingannya bahw Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak berkeringat dan berdarah-darah membangun partai berlambang mercy itu.

"Kalau dibilang SBY tidak berdarah-darah membangun Partai Demokrat, mungkin yang bilang begitu tidak tinggal di planet bumi. Tinggal di Planet Mars kali. Ini namanya manipulasi sejarah kalau bilang enggak ada keringat Pak SBY mendirikan partai," kata Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, kepada wartawan, Senin (1/3).

Herzaky menuturkan, gagasan pembentukan Partai Demokrat bermula ketika SBY kalah dari politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Hamzah Haz, untuk menjadi Calon Wakil Presiden Megawati Soekarnoputri dalam pemilihan di Majelis Permusyawaratan Rakyat pada 2001.

"Bapak Ventje Rumangkang (almarhum) kemudian menyarankan SBY mendirikan partai. Bapak Ventje menyampaikan bahwa banyak orang yang menginginkan SBY menjadi pemimpin nasional, termasuk menjadi wakil presiden. Namun realitas politik tak memungkinkan lantaran SBY ketika itu tak mempunyai partai," ungkap Herzaky.

Herzaky melanjutkan, setelah berdiskusi dengan istrinya Ani Yudhoyono, SBY merasa cocok dengan usulan Ventje. Atas dasar itu SBY kemudian menciptakan nama, logo, bendera, mars, hingga manifesto politik Partai Demokrat. Bahkan, waktu berdirinya partai sama dengan hari ulang tahun SBY yakni, 9 September 2001.

"Begitu pula dengan pemilihan jumlah deklarator pendiri partai sebanyak 99 orang. Di antara deklarator itu, bahkan ada nama staf pribadi SBY. Setelah partai terbentuk, Ani Yudhoyono, istri SBY, juga didapuk menjadi wakil ketua umum. Hal-hal tersebut demi meyakinkan publik dan menjadi representasi SBY di Demokrat," terang Herzaky.

"Ini kenyataan sejarah yang tidak bisa dipungkiri, kalau dibilang tidak ada keringat Pak SBY mendirikan partai, itu ketahuan orang yang tidak paham sejarah. SBY sendiri tak pernah mengklaim berdirinya Demokrat sebagai perjuangannya sendiri. Namun kami mengaku heran jika kini banyak deklarator atau pendiri partai yang merasa lebih besar dan berjasa mendirikan partai," tegas Herzaky.

Sebelumnya, mantan kader Partai Demokrat, Jhoni Allen Marbun mengklaim, bersaksi sumbangsih Susilo Bambang Yudhoyono tidak signifikan dalam mempernuanhkan partai berlmbang mercy itu. 

Sponsored

"Demi tuhan saya bersaksi, bahwa SBY tidak berkeringat sama sekali, apalagi berdarah-darah sebagaimana pernyataannya diberbagai kesempatan," kata Jhoni, dalam keterangan videonya diakses, Senin (1/3).

Berita Lainnya