sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

DPR: Tak perlu turun ke jalan respons Macron

Sikap Presiden Jokowi mengecam Macron dinilai sudah tepat.

Fathor Rasi
Fathor Rasi Senin, 02 Nov 2020 18:52 WIB
DPR: Tak perlu turun ke jalan respons Macron
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily menyarakan, sebaiknya masyarakat tidak perlu turun ke jalan menggelar demonstrasi dalam merespons sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron. Pasalnya, pemerintah masih berjibaku mengendalikan pandemi Covid-19.

"Soal aksi turun ke jalan sebaiknya tidak perlu, karena saat ini sedang masa pandemi Covid-19. Kita khawatirkan menimbulkan kerumunan dan menjadi klaster penularan jauh lebih banyak," kata Ace dalam keterangannya, Senin (2/11).

Meski demikian, politikus Golkar ini mendukung rencana masyarakat untuk memboikot produk asal Prancis dalam merespon sikap Macron.

"Seruan aksi boikot kita serahkan pada masyarakat sendiri," bebernya. 

Ace menilai sikap Presiden Joko Widodo yang mengecam keras pernyataan Macron patut didukung, mengingat Indonesia merupakan negara mayoritas muslim terbesar di dunia.

"Sikap Presiden RI dan Pemerintah Indonesia yang mengecam keras tindakan Presiden Prancis tersebut sudah tepat dan patut kita dukung. Setidaknya sikap tersebut merupakan langkah protes atas pernyataan yang tidak sensitif kepada agama Islam," lanjut Ace.

Macron memang tengah menjadi sorotan setelah secara terbuka membela kartun Nabi Muhammad, yang dianggap sebagai penghujatan dalam Islam.

Melansir CNN, dia membuat pernyataan itu pekan lalu sebagai penghormatan kepada guru sekolah menengah, Samuel Paty, yang kepalanya dipenggal dalam serangan teror di pinggiran utara Paris, awal Oktober 2020. Paty dibunuh setelah menunjukkan kartun nabi di kelas tentang kebebasan berekspresi.

Sponsored

Presiden Macron menegaskan, Prancis tidak akan menghapus karikatur dan berjanji mengatasi Islamisme ekstrem di negaranya. Pernyataannya itu lantas memicu demonstrasi dan boikot di negara-negara mayoritas muslim.

Setelah mereka meniup peluit...

Setelah mereka meniup peluit...

Kamis, 22 Apr 2021 16:48 WIB
Memutus belenggu generasi sandwich

Memutus belenggu generasi sandwich

Kamis, 22 Apr 2021 14:25 WIB
Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Rabu, 21 Apr 2021 17:33 WIB
Berita Lainnya