sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ini alasan PDIP merotasi Rieke Diah Pitaloka di Baleg DPR

Alasan PDIP melakukan rotasi jabatan pimpinan Baleg ini lantaran Nurdin dianggap lebih cakap dalam mengkaji beberapa RUU.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Kamis, 09 Jul 2020 15:28 WIB
Ini alasan PDIP merotasi Rieke Diah Pitaloka di Baleg DPR
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 135123
Dirawat 39290
Meninggal 6021
Sembuh 89618

Fraksi PDIP DPR merotasi posisi Rieke Diah Pitaloka sebagai Wakil Ketua Baleg DPR. Posisi Rieke digantikan oleh Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP Komjen Pol Purnawirawan Nurdin.

Ketua Fraksi PDIP DPR, Utut Adianto menjelaskan, alasan partainya melakukan rotasi jabatan pimpinan Baleg ini lantaran Nurdin dianggap lebih cakap dalam mengkaji beberapa RUU yang menjadi pembahasan Baleg DPR periode ini.

"Pergantian ini tentu bukan semata-mata untuk penyegaran atau rotasi biasa. Kita tahu bahwa dalam waktu dekat Baleg akan penuh dengan tugas-tugas berat kalau kita lihat misalnya RUU Omnibus Law, sudah mendekati titik-titik yang krusial," kata Utut di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (9/7).

Komjen Pol (Purn) Nurdin, dianggap lebih kapabel dalan membahas RUU yang menjadi usulan pemerintah itu. Selain RUU Omnibus Law, PDIP juga memercayai Nurdin dalam pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

Sponsored

Namun demikian, Utut menegaskan, bukan berarti PDIP mendiskreditkan kemampuan Rieke. Bagi Utut, rotasi ini hanya masalah mampu dan lebih mampu saja.

"Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Mbak Rieke Diah Pitaloka, dia sudah berjuang habis-habisan. Tetapi ini tahapannya ganti orang yang mungkin lebih untuk mengawal hal-hal seperti ini," tegas dia.

Sebelumnya, isu pergantian posisi pimpinanan Baleg Fraksi PDIP tersebar kepada awak media. Pergersaran posisi ini lantas dikaitkan dengan materi RUU HIP yang menjadi polemik di tengah masyarakat.

Berita Lainnya