sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Khofifah-Emil menang di TPS Bupati Sumenep

Perolehan suara Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak menang atas Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno di TPS Bupati Semenep.

Purnama Ayu Rizky
Purnama Ayu Rizky Rabu, 27 Jun 2018 14:51 WIB
Khofifah-Emil menang di TPS Bupati Sumenep

Perolehan suara Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak menang atas Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, di tempat pemungutan suara (TPS) Bupati Sumenep A. Busyro Karim.

"Khofifah-Emil memperoleh 61% suara dan Gus Ipul (Saifullah Yusuf)-Puti sebanyak 53% suara," kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 07 Kelurahan Pajagalan, Kecamatan Kota, Heidar di Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur, Rabu (27/6).

Pilkada Jatim 2018 yang digelar pada Rabu ini diikuti dua pasang calon gubernur-wakil gubernur, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di nomor urut 1 dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno di nomor urut 2.

TPS 07 Kelurahan Pajagalan Kecamatan Kota adalah TPS Bupati Sumenep, A Busyro Karim dan istrinya, Nurfitriana, menggunakan hak pilihnya.

Heidar menjelaskan, jumlah calon pemilih di TPS 07 Kelurahan Pajagalan Kecamatan Kota sesuai daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Jatim sebanyak 262 orang.

Hingga waktu pemungutan suara berakhir pada pukul 13.00 WIB, calon pemilih yang menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut hanya 114 orang dan 148 lainnya tak hadir ke TPS.

"Kami tidak tahu alasan mereka tidak hadir ke TPS. Di TPS kami, calon pemilih tak hadir lebih banyak dibanding yang hadir," kata Heidar, menerangkan.

Ia menjelaskan, penghitungan surat suara di TPS 07 hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dan dihadiri oleh saksi dari masing-masing pasangan calon.

Secara keseluruhan, jumlah pemilih Pilkada Jatim 2018 di Sumenep sesuai daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan oleh KPU setempat sebanyak 854.158 orang.

Sementara jumlah tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada Jatim di Sumenep sebanyak 2.400 TPS yang tersebar di 27 kecamatan.