logo alinea.id logo alinea.id

Bamsoet sempat minta restu ke Habibie

Bamsoet memohon restu maju menjadi calon ketua umum Partai Golkar kepada Habibie, empat minggu lalu.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Kamis, 12 Sep 2019 14:51 WIB
Bamsoet sempat minta restu ke Habibie

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengaku pernah meminta restu kepada Presiden Ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

"Terakhir saya bertemu dengan beliau tiga atau empat minggu lalu, ketika saya memohon restu maju menjadi calon ketua umum Partai Golkar," kata Bamsoet di Senayan seusai melayat ke rumah duka BJ Habibie, di Jalan Patra Kuningan XIII Blok L15/7 No.5, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019) pagi.

Bamsoet menyebut, saat bertemu, Habibie hanya menyampaikan harapannya kepada partai warisan Orde Baru itu.

"Beliau (BJ Habibie) hanya berpesan, selain soal Golkar, beliau ingin partai dipertahankan sebagai partai tengah terbuka dan demokratis," kata Bamsoet.

Sponsored

Habibie juga berpesan agar Partai Golkar memperjuangkan gagasannya terkait industri dirgantara sebagai kebanggaan nasional. Terkait sosok Habibie, Bamsoet menyebut Indonesia telah kehilangan sosok panutan, baik sebagai tokoh reformasi maupun tokoh kebebasan pers.

"Walaupun hanya satu setengah tahun menjadi presiden, tapi banyak kebijakan beliau yang lahir sangat luar biasa pada saat kondisi saat itu genting dari orde baru ke orde reformasi," katanya.

Seperti diketahui, Bamsoet merupakan salah satu petinggi Golkar yang bakal maju dalam pemilihan ketua umum. Ia akan berkompetisi dengan rekan partainya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang kini masih menjabat sebagai ketua umum Golkar.