sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

PKB buka peluang usung eks Menaker di Pilwalkot Surabaya

Hanif Dhakiri dinilai memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk memimpin sebuah daerah.

Adi Suprayitno
Adi Suprayitno Selasa, 12 Nov 2019 19:36 WIB
PKB buka peluang usung eks Menaker di Pilwalkot Surabaya

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur (Jatim) Anik Maslachah mengatakan, DPW bakal menjajaki kemungkinan mengusung mantan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri sebagai bakal calon Wali Kota Surabaya.

"Bisa saja Pak Hanif Dhakiri diusung. Karena beliau kader potensial, mantan Menteri Ketenagakerjaan. Kapasitasnya kalau (jadi) wali kota begitu sangat memenuhi persyaratan," ujar Anik di Kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim, Surabaya, Selasa (12/11).

Hanif menjabat Menaker pada Kabinet Kerja periode 2014-2019. Pada periode kali ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak lagi mempertahankannya sebagai menteri.

Anik mengatakan, nama Hanif ini masih sebatas usulan. Menurut dia, masih banyak kader PKB lainnya yang potensial diusung menjadi kandidat di Pilwalkot Surabaya 2020. 

"Karena masih lama waktunya, kita mencari terus mencari kader terbaik. Banyak kader yang ada di PKB, salah satunya Pak Hanif Dhakiri. Tapi, dia bukan satu-satunya," ujar Anik.

PKB akan terlebih dahulu menggodok kader-kader yang ada sebelum memutuskan calon yang bakal diusung. Selain itu, PKB juga akan mempertimbangkan elektabilitas para kader yang masuk dalam radar kandidat wali kota. 

"Hasil survei elektabilitasnya mana yang tertinggi, kapasitasnya mana yang paling mumpuni, itu yang akan diusung nanti. Yang pasti PKB tidak kekurangan stok dari 19 kabupaten dan kota yang akan berkontestasi di 2020, termasuk Surabaya," kata dia. 


 

Sponsored