logo alinea.id logo alinea.id

Relawan Jokowi kerucutkan empat nama cawapres

Renas 212 JPRI menyatakan telah mengerucutkan empat nama bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk diusulkan kepada Presiden Joko Widodo.

Purnama Ayu Rizky
Purnama Ayu Rizky Rabu, 11 Jul 2018 10:44 WIB
Relawan Jokowi kerucutkan empat nama cawapres

Relawan Nasional 212 Jokowi Presiden Republik Indonesia (Renas 212 JPRI) menyatakan telah mengerucutkan empat nama bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk diusulkan kepada Presiden Joko Widodo.

"Melalui pembahasan internal, Renas 212 JPRI bersama koordinator daerah dari seluruh Indonesia mengerucutkan empat dari sebelas nama tokoh Islam dan militer yang pernah diusulkan pada 10 Mei 2018 lalu," ujar Sekjen Renas 212 JPRI Adnan Rarasina dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (11/7).

Empat nama itu menurutnya dikaji secara serius dan diperhitungkan dari sisi kapabilitas mereka. Mereka yang dipilih, Budi Gunawan selaku Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), tokoh NU Mahfud MD, Gubernur NTB TGB Zainul Majdi, dan satu tokoh militer yang saat ini menjadi Kepala Kantor Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) TNI Moeldoko.

"Empat nama ini masing-masing memiliki kelebihan tersendiri," ujar Adnan. Misalnya, Budi Gunawan unggul dalam penanganan konflik dan keamanan, saat Indonesia sedang giat membangun perekonomian melalui infrastruktur nasional.

Sementara, Mahfud MD tokoh kultural NU yang juga pakar hukum tata negara, sambungnya, diperlukan agar proses bernegara tetap pada tujuan awal berdirinya NKRI. Untuk TGB, ia dinilai sebagai kepala daerah yang sukses, serta ulama hafidz Qur'an yang terbukti mampu membuat pariwisata NTB mendunia.

Kemudian, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dipandang memiliki penguasaan pada persoalan teritorial, pertahanan, serta model perang asimetris yang menjadi tren untuk menguasai ekonomi dunia saat ini. "Masing-masing keunggulan cawapres ini dibutuhkan Presiden Jokowi di periode kedua", tegas Adnan.

Koordinator Nasional Renas 212 Nasir menambahkan, tiga tokoh Islam dan satu tokoh militer ini merupakan hasil kajian dari konsolidasi nasional timnya. Nasir meyakini empat figur tokoh tersebut merupakan yang terbaik dari sebelas nama besar yang pernah diusulkan sebelumnya.

Berikutnya, Nasir akan segera menyampaikan pada Jokowi usulan nama tersebut. "Siapa pun nanti yang dipilih presiden, akan kita dukung. Kalau Pak Jokowi punya pertimbangan lain karena melihat dinamika dan konstelasi politik nasional yang ada, lalu bersama koalisi partai pendukung memilih nama lain dari yang diusulkan Renas 212 ini, kami serahkan sepenuhnya kepada Pak Jokowi," jelas Nasir.

Sebelumnya pada Mei lalu, Renas 212 JPRI telah mengusulkan sebelas nama pendamping Jokowi. Nama-nama itu antara lain, Mahfud MD, Din Syamsuddin, Jimly Asshiddiqie, Yusril Ihza Mahendra, Muhaimin Iskandar, Zulkifli Hasan, Budi Gunawan, TGB Zainul Majdi, Ahmad Heryawan, Habib Rizieq Syihab, dan Anis Matta.

Sponsored

Sumber: Antara