sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Respons Partai Nasdem soal terbentuknya partai mahasiswa

Partai Mahasiswa Indonesia telah memiliki legalitas dengan terdaftar resmi di Kemenkumham.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Senin, 25 Apr 2022 09:58 WIB
Respons Partai Nasdem soal terbentuknya partai mahasiswa

Partai Nasdem menyoroti terbentuknya Partai Mahasiswa Indonesia (PMI) yang sudah resmi terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan, mendirikan partai politik hak semua warga negara, tak terkecuali mahasiswa.

"Membuat partai politik merupakan hak segenap warga negara termasuk mahasiswa sejauh memenuhi syarat-syarat yang diatur peraturan perundang-undangan," kata Johnny kepada wartawan, Minggu (24/4).

Kendati begitu, Johnny menyarankan, ada baiknya mahasiswa bergabung dengan partai politik (parpol) yang ada jika ingin terlihat dalam politik praktis secara pribadi.

"Jika ada mahasiswa yang ingin berpolitik praktis sebagai pilihan pribadi maka bergabung saja pada partai politik mainstream yang telah ada dan telah berpengalaman dalam perpolitikan nasional," ujar dia.

Menurut Johnny, lebih baik mahasiswa tetap mempertahankan sikapnya sebagai gerakan moral untuk menyuarakan aspirasi masyarakat. Apabila  ingin berpartisipasi dalam politik praktis, maka mahasiswa bisa bergabung dengan parpol-parpol yang ada. 

"Bagi mahasiswa akan lebih baik mempertahankan gerakan mahasiswa sebagai gerakan moral," ucapnya.

Kabar terdaftarnya Partai Mahasiswa Indonesia di Kemenkumham terungkap dalam surat penyampaian data partai politik yang telah berbadan hukum dengan nomor M.HH-AH.11.04-09 tanggal 17 Februari 2022. 

Surat dengan kop Kemenkumham tersebut merupakan bentuk tindak lanjut permintaan Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengenai data parpol berbadan hukum. Surat itu telah ditandatangani oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly.

Sponsored

Dalam struktur kepengurusan, partai ini dikomandani Eko Pratama sebagai ketua umum. Dia merupakan Koordinator Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara yang sempat menemui Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto pada (8/4). Pertemuan BEM Nusantara dengan Wiranto di kantor Wantimpres, Jakarta itu digelar tiga hari sebelum aksi demonstrasi mahasiswa dari BEM Seluruh Indonesia.

Berita Lainnya