sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Target Rano Karno, Mulan Jameela dan Krisdayanti di DPR

Dua artis yang baru saja dilantik sebagai anggota DPR, Rano Karno dan Mulan Jameela, ingin menduduki kursi Komisi X DPR.

Soraya Novika Marselinus Gual
Soraya Novika | Marselinus Gual Selasa, 01 Okt 2019 17:45 WIB
Target Rano Karno, Mulan Jameela dan Krisdayanti di DPR
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 25773
Dirawat 17185
Meninggal 1573
Sembuh 7015

Dua artis yang baru saja dilantik sebagai anggota DPR, Rano Karno dan Mulan Jameela, ingin menduduki kursi Komisi X Bidang Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga.

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Mulan Jameela berharap fraksinya menempatkan dia di Komisi X. Pasalnya, wanita yang sebelumnya bernama asli Raden Terry Tantri Wulansari ini mengaku Komisi X DPR RI sesuai dengan latar belakangnya di bidang permusikan.

"Kalau saya pribadi masuk ke Komisi X ya," kata Mulan di Kompleks Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Anggota DPR RI periode 2014-2019 dari kalangan artis, Anang Hermansyah sebelumnya duduk di komisi ini. Ia juga yang mengusulkan Undang-undang Permusikan yang kemudian dibatalkan dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2019.

Mulan mengatakan, meskipun berharap duduk di komisi yang sesuai bidangnya, keputusan itu ia kembalikan kepada Fraksi Gerindra.

"Tapi balik lagi, saya serahkan kepada kebijakan fraksi. Saya terima saja," ungkap istri musisi sekaligus politikus Gerindra, Ahmad Dhani Prasetyo ini.

Nama Mulan Jameela resmi masuk menjadi anggota DPR pada menit-menit terakhir. Sebab, Mulan menggantikan caleg terpilih dari Dapil Garut dan Tasikmalaya, Ervin Luthfi yang dipecat dari Partai Gerindra.

Selain Mulan Jameela, salah seorang artis peran yang sukses melenggang menjadi anggota DPR RI Periode 2019-2024 adalah Rano Karno. Ia resmi dilantik hari ini, Selasa (1/10) sebagai salah satu perwakilan PDI Perjuangan.

Sponsored

Pemeran utama sinetron Si Doel Anak Sekolahan ini berhasil meraup sebanyak 274.294 suara dari Daerah Pemilihan (Dapil) III Banten. Dengan perolehan suara tersebut, mantan Gubernur Banten ini berhasil menjadi caleg dengan suara terbanyak di Banten, sekaligus caleg suara terbanyak ketiga PDIP.

Kesempatan tersebut menjadi penambah daftar panjang pengalaman kariernya di bidang politik. Kali ini, resmi dilantik sebagai anggota legislatif, Rano menyampaikan ketertarikannya untuk ditempatkan di Komisi X yang melingkupi bidang pendidikan, kebudayaan, olahraga dan sejarah.

"Saya berharap ditempatkan di Komisi X karena core-nya di situ. Kebudayaan, pendidikan, olahraga, tapi kalau ditempatkan tempat lain juga siap," ujar Rano.

Rano pun mengaku sudah telah mempersiapkan diri untuk dilantik hari ini.

"Kita sudah mempersiapkan diri. Kemarin kita sepuluh hari sudah ikut Lemhanas (Lembaga Ketahanan Nasional) pemantapan segala macam. Kemudian semalam juga pemantapan dari MPR (pelatihan Empat Pilar)," katanya.

Sebagaimana diketahui, sebelum mencalonkan diri menjadi caleg Pemilu 2019, Rano sempat maju menjadi calon gubernur Banten bersama Embay Mulya pada Pilkada Banten 2017. Namun, ia bersama pasangannya kalah dari Cagub dan Cawagub Banten Wahidin Halim dan Andika Hazrumy.

Diva Pop Indonesia Krisdayanti dilantik sebagai anggota DPR dari PDI Perjuangan. / Antara Foto

Krisdayanti pelajari MD3

Saat yang bersamaan, Diva Pop Indonesia Krisdayanti menyatakan ketertarikannya untuk memperdalam Undang-Undang tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (UU MD3).

Hal itu dilontarkannya pasca-resmi dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 siang tadi, Selasa (1/10) dengan bekal perolehan 132.131 suara. Menurutnya, mempelajari UU MD3 penting sebab menjadi anggota Dewan merupakan pengalaman pertamanya di bidang politik.

"Yang pasti buat saya perlu untuk memahami betul UU MD3, itu harus dibaca dan dipahami berulang-ulang kali ya. Buat saya itu dulu untuk tahu tupoksinya," ujar Krisdayanti.

Selain itu, ia pun menyatakan kesiapannya untuk ditempatkan di Komisi berapapun sesuai kebijakan fraksi PDI Perjuangan sebagai partai yang ia wakili di Senayan.

"Kalau ditanya, inginnya di komisi yang berhubungan dengan kemasyarakatan, bisa di Komisi VIII, IX, atau Komisi X," katanya.

Mewakili Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur V, Krisdayanti pun menjanjikan bakal amanah mengemban kepercayaan yang sudah diterimanya tersebut.

"Yang pasti saya akan bekerja optimal menyerap aspirasi di dapil, lalu melanjutkan tugas-tugas DPR RI sebelumnya secara serius, dan mengkaji UU serta mereformasi kelembagaan yang kita tau citranya selama ini kurang baik," tuturnya.

Diketahui, dari 575 anggota terdapat sekitar 14 artis yang terpilih menjadi wakil rakyat Indonesia. Berikut daftarnya:

1. Mulan Jameela (Gerindra, Jabar XI)
2. Krisdayanti (PDIP, Jatim V),
3. Tommy Kurniawan (PKB, Jabar V),
4. Farhan (NasDem, Jabar I),
5. Rano Karno (PDIP, Banten III),
6. Nurul Arifin (Golkar, Jabar I),
7. Nico B.P. Siahaan (PDIP, Jabar I),
8. Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio (PAN, DKI Jakarta I),
9. Desy Ratnasari (PAN, Jabar IV),
10. Dede Yusuf (Demokrat, Jabar II),
11. Primus Yustisio (PAN, Jabar V),
12. Rieke Diah Pitaloka (PDIP, Jabar VII),
13. Arzetty Bilbina (PKB, Jatim I),
14. Rachel Maryam Sayidina (Gerindra, Jabar II).

Berita Lainnya