6 strategi transformasi ekonomi Bappenas tuju negara maju 2045

Indonesia menargetkan menjadi negara maju pada usia 100 tahun pada 2045.

Direktur Ketenagalistrikan, Telekomunikasi, dan Informatika Kementerian PPN/Bappenas, Rachmat Mardiana dalam The Road to Advancing Green Digital Economic Development, Kamis (20/10/2022). YouTube/Bappenas RI

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memiliki 6 strategi guna mencapai transformasi ekonomi. Langkah-langkah tersebut disusun guna lepas dari middle income trap sebelum 2045 dan menjadi negara maju saat berusia 100 tahun.

Pertama, terang Direktur Ketenagalistrikan, Telekomunikasi, dan Informatika Bappenas, Rachmat Mardiana, menyiapkan sumber daya manusia (SDM) berdaya saing dengan meningkatkan kualitas sistem kesehatan, pendidikan dan karakter, serta riset dan inovasi. Kedua, mencapai produktivitas sektor ekonomi melalui industrialisasi, peningkatan produktivitas UMKM, dan modernisasi pertanian.

"Ketiga, adalah transisi menuju ekonomi hijau dengan menciptakan ekonomi rendah karbon dan ekonomi sirkuler, menciptakan ekonomi biru, serta transisi energi," katanya dalam paparannya pada acara "The Road to Advancing Green Digital Economic Development", Kamis (20/10).

Strategi keempat, transformasi digital dengan peningkatan infrastruktur digital, pemanfaatan teknologi, dan penguatan pendukung. Kelima, melakukan integrasi ekonomi domestik (economic powerhouse) dengan meningkatkan infrastruktur konektivitas dan domestic value chain.

"Strategi keenam ini adalah pemindahan ibu kota negara (IKN) karena bisa meningkatkan pertumbuhan baru dan menyeimbangkan ekonomi antarwilayah,” lanjutnya.