ABAC dukung RI bawa boikot sawit oleh Uni Eropa ke WTO

ABAC mendukung upaya RI untuk membawa persoalan boikot produk kelapa sawit oleh Uni Eropa ke WTO.

ABAC mendukung upaya RI untuk membawa persoalan boikot produk kelapa sawit oleh Uni Eropa ke WTO. Alinea.id/Soraya Novika

APEC Business Advisory Council (ABAC) mendukung rencana aksi litigasi pemerintah Indonesia dan negara-negara Penghasil Minyak Kelapa Sawit (Council of Palm Oil Producing Countries/ CPOPC) dalam membawa kasus pemboikotan minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) ke World Trade Organization (WTO). 

Chairman ABAC 2019 Richard von Appen mengatakan ketegangan dagang adalah hal yang lumrah dan langkah pemerintah membawa kasus dagang tertentu ke WTO adalah tepat.  Sebab, kehadiran organisasi tersebut memang diharapkan bisa menemukan sumber masalah yang membuat perdagangan terasa berat sebelah bagi pihak yang ingin memasuki perdagangan global.

"Kami ingin membantu mereka yang tidak memiliki suara, dan penting untuk mengungkit kasus ini dan menunjukan dunia ada banyak talenta yang menantikan peluang (untuk bergabung di perdagangan global)," ujar Chairman ABAC 2019 Richard von Appen dalam konferensi pers ABAC II 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Jumat (26/4).

Ia juga berharap persitegangan kepentingan ini dapat cepat berakhir berdasarkan aturan yang berlaku. 

"Ketegangan dagang ini, saya harap mereka hanya sementara," tambahnya.