Anomali inflasi di kala pandemi

Harga komoditas pangan seperti cabai rawit dan ayam ras mengalami kenaikan, namun inflasi tercatat masih rendah.

Ilustrasi Alinea.id/Oky Diaz.

Sebuah video cabai rawit merah yang diwarnai dengan cat viral di jagat media sosial. Praktik pewarnaan cabai rawit di Banyuwangi, Jawa Timur itu dipicu oleh tingginya harga komoditas cabai 'galak' ini.

Data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PHIPS) Nasional per 19 Maret 2021 mencatat harga rata-rata cabai rawit merah secara nasional Rp100.400 tiap kilogramnya. Namun demikian, harga cabai rawit merah di sejumlah daerah terpantau berada di atas rata-rata. 

Pada Minggu (21/3) kemarin, cabai rawit dengan kualitas campuran dipatok dengan harga Rp140.000 per kilogram di Pasar Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Sedangkan harga cabai rawit merah kualitas super mencapai Rp150.000 per kilogram. 

Sementara itu, di daerah-daerah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, harga cabai rawit merah rata-rata berada di kisaran Rp120.000 per kilogram. Begitu juga di Jawa Timur, Kalimantan dan Banten.

Harga cabai rawit merah memang telah melambung sejak sebulan terakhir. Masyarakat pun terpaksa mengurangi konsumsi cabai ‘setan’. Ada pula yang menyiasati keinginan makan pedas mereka dengan cara lain.