Bahana Sekuritas ramal IHSG tembus rekor tertinggi sepanjang sejarah

Setelah pesta demokrasi usai, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diramal bakal menembus rekor tertinggi sepanjang sejarah.

Presiden Joko Widodo saat penutupan perdagangan Bursa Efek Indonesia akhir 2018. / Antara Foto

Setelah pesta demokrasi usai, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diramal bakal menembus rekor tertinggi sepanjang sejarah.

Kepala Riset PT Bahana Sekuritas Lucky Ariesandi memprediksi IHSG akan menembus level 6.800 pada akhir 2019. Jika tercapai, level tersebut merupakan rekor tertinggi sepanjang sejarah yang sebelumnya dicatatkan pada 19 Februari 2018 yakni di posisi 6.689,2.

Keyakinan itu muncul lantaran Bahana Sekuritas memerkirakan pendapatan emiten bakal tumbuh rerata 13,4% sepanjang tahun ini. Sektor infrastruktur dan industri kimia dasar diperkirakan bakal menjadi pendorong melejitnya IHSG.

“Kemenangan Jokowi pada Pemilu 2019 merupakan kemenangan kedua bagi pengembangan infrastruktur. Bappenas telah menganggarkan US$412 miliar atau nyaris Rp6.000 triliun untuk sektor ini,” kata Lucky di Jakarta, Kamis (23/5).

Lucky melihat pembangunan infrastruktur pada periode kedua kepemimpinan Jokowi ini akan difokuskan pada sektor transportasi seperti jalan tol Trans Sumatera, Trans Kalimantan, ataupun Trans Sulawesi. Dengan pembangunan tersebut, kontrak proyek emiten konstruksi bisa melejit pada tahun ini.