Bank Mandiri prediksi suku bunga acuan bisa turun jadi 5,75%

Bank Mandiri memprediksi suku bunga acuan Bank Indonesia bisa turun sebesar 25 basis points setelah bertengger di level 6% hingga April.

Bank Mandiri menyatakan suku bunga acuan Bank Indonesia 7-Days Reverse Repo Rate (BI-7DRRR) berpotensi untuk turun menjadi 5,75%. / Antara Foto

Bank Mandiri menyatakan suku bunga acuan Bank Indonesia 7-Days Reverse Repo Rate (BI-7DRRR) berpotensi untuk turun menjadi 5,75%. Sebelumnya sejak April 2019 BI-7DRRR tetap berada di level 6%.

"Kami melihat terdapat ruang bagi BI untuk memangkas BI-7DRRR pada akhir tahun ini sebesar 25 basis points (bps) menjadi 5,75%," ujar Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (15/5).

Andry mengatakan terdapat tiga faktor yang menentukan arah pergerakan BI-7DRRR, yakni tingkat inflasi, pergerakan suku bunga acuan the Fed, dan posisi Neraca Pembayaran. 

Sampai dengan April 2019, tingkat inflasi masih sangat stabil dan terjaga. Kemudian, pergerakan suku bunga The Fed juga telah memberikan sinyal positif. Hasil pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) pada Maret 2019 lalu telah mengindikasikan bahwa The Fed tidak akan menaikkan suku bunga di tahun ini. 

Arah kebijakan the Fed yang lebih dovish tersebut memberikan dampak positif bagi pasar keuangan global, seperti terlihat dari aliran modal asing yang telah kembali masuk ke negara-negara emerging market termasuk Indonesia.