BI mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate di 3,5%

Keputusan ini sejalan dengan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar dan sistem keuangan, di tengah prakiraan inflasi yang rendah.

Gubernur BI Perry Warjiyo. Foto Antara/dokumentasi

Bank Indonesia memutuskan mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 3,50%, suku bunga Deposit Facility sebesar 2,75%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 4,25%.

“Memutuskan untuk mempertahankan BI 7 Days Reverse Repo Rate sebesar 3,5%,"  ujar Gubernur BI Perry Warjiyo pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia, melalui video conference, Kamis (18/11).

Keputusan ini sejalan dengan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar dan sistem keuangan, di tengah prakiraan inflasi yang rendah dan upaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. 

Perry melanjutkan, keputusan ini sejalan dengan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar dan sistem keuangan di tengah perkiraan inflasi yang rendah. Maka dari itu dari pihaknya selalu memberikan dorongan agar sektor perekonomian dapat stabil sediakala meskipun sedang kondisi pandemi.

“Bank Indonesia juga terus mengoptimalkan seluruh bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas makro ekonomi dan keuangan, serta mendukung upaya perbaikan ekonomi lebih lanjut, dengan langkah-langkah mendukung upaya perbaikan ekonomi,” jelasnya.