Bidik investor syariah, BEI tambah 7 sekuritas SOTS

Perusahaan efek ini akan menambah 13 sekuritas dengan sistem perdagangan saham syariah atau sharia online trading system (SOTS)

Petugas menunjukkan aplikasi tentang investasi syariah saat Pameran Jakarta Syariah Halal Festival (JASHFEST) 2019 di Jakarta, Kamis (7/3). Antara Foto

Bursa Efek Indonesia (BEI) berencana untuk menambah tujuh perusahaan efek (sekuritas) yang menyediakan sistem perdagangan saham syariah atau sharia online trading system (SOTS). 

Perusahaan efek ini akan menambah 13 sekuritas dengan sistem SOTS yang sudah ada hingga akhir 2018. Dengan demikian, jumlah perusahaan efek sepanjang 2019 ini menjadi 20 sekuritas.

"Target khusus tidak ada, tapi mudah-mudahan angka 20 realistis," kata Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi di Gedung BEI, Jakarta, Senin (18/3).

Hasan mengklaim BEI adalah satu dari sedikit bursa di dunia yang punya daftar efek syariah khusus dengan SOTS dan mengantongi fatwa pemenuhan prinsip syariah.

Imbal hasil yang akan didapat dari SOTS ini disesuaikan dengan pertumbuhan dana yang terjamin sistem syariahnya serta apresiasi nilai di pasar jika kinerja perusahan baik.