Bos BRI berharap BI turunkan lagi suku bunga acuan

Penurunan suku bunga acuan oleh BI akan memberikan dampak positif bagi pasar.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) berharap Bank Indonesia (BI) dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) siang ini untuk memutuskan kembali suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR). Alinea.id/Annisa Saumi

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) berharap Bank Indonesia (BI) dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) siang ini untuk memutuskan kembali suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR).

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan penurunan suku bunga acuan oleh BI akan memberikan dampak positif bagi pasar. Untuk sektor perbankan, lanjut Sunarso, penurunan suku bunga dapat bermanfaat bagi perbankan terutama untuk ekspansi penyaluran kredit ketika likuiditas perbankan masih cukup ketat.

"Kalau BI Rate turun saya pikir bagus untuk market, karena kami melihatnya sekarang ini pricingnya turun, tetapi kami menghadapi kenyataan kalau Loan to Deposit Ratio (LDR) industri masih di atas 90%," kata Sunarso usai paparan publik kinerja perseroan kuartal III-2019, di Jakarta, Kamis (24/10).

Sunarso melanjutkan, penurunan suku bunga acuan BI bisa diikuti dengan langkah relaksasi kebijakan yang lain agar lebih akomodatif.

"Dengan penurunan BI rate diharapkan ada relaksasi-relaksasi nanti," ujar Sunarso.