BPS catat wisman turun 69% di NTB selama dua bulan terakhir

Khusus untuk angka turis wisman di Lombok terjadi penurunan signifikan berjumlah 69,18%.

Turis mancanegara berselancar di Indonesia, Antara Foto

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat adanya penurunan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 1,93% ke Indonesia. Penurunan jumlah wisman tersebut terjadi di bulan terakhir yakni Juli dan Agustus 2018.

"Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara turun sebanyak 1,51 juta pada Agustus 2018 dan Juli 2018 berjumlah 1,52 juta," kata Kepala BPS Suhariyanto di kantornya Pasarbaru, Jakarta Barat, Senin (1/10).

Dari pengamatan tim BPS di lapangan penurunan tersebut karena gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada (29/7) sampai (5/8). Pada bencana alam tersebut sedikitnya, sekitar 564 dinyatakan meninggal dunia. Kematian ratusan juta orang meninggal dunia itu secara otomatis membuat turis asing segan mendatangi Indonesia.

"Kondisi ini membuat penurunan tajam wisman di Bandara Internasional, Lombok yaitu di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid," kata dia.

Khusus untuk angka turis wisman di Lombok terjadi penurunan signifikan berjumlah 69,18%.Angka ini didapatkan dari kuantitas pengunjung di Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid.