Digempur produsen China, Astra yakin penjualan tetap moncer

PT Astra Internasional Tbk. (ASII) yakin bisa memperbaiki kinerja penjualan yang tidak bagus di semester I-2019.

PT Astra Internasional Tbk. (ASII) menyatakan optimistis terhadap pasar otomotif di semester II-2019. / Antara Foto

PT Astra Internasional Tbk. (ASII) menyatakan optimistis terhadap pasar otomotif di semester II-2019. Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto menyatakan perusahaan juga tidak akan merevisi target penjualan dan belanja modal (capital expenditure/capex) pada paruh kedua tahun ini. 

"Kami masih melihat potensi yang begitu besar di Indonesia di bidang permobilan," ujar Prijono dalam paparan publik di Jakarta, Senin (26/8).

Prijono mengungkapkan volume penjualan kendaraan roda empat perusahaan memang turun hingga 6% pada semester I-2019, meskipun market share Astra meningkat ke 53%. 

"Yang menyebabkan volume penjualan mobil turun 6% karena banyak perang diskon. Selain itu, produksi di Indonesia juga kurang 1,1 juta semester I-2019 ini," kata dia.

Penjualan wholesale mobil Astra turun 6% menjadi 253.000 unit pada semester I-2019 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 268.000 unit. Prijono menyebut kondisi ini tidak hanya dialami Astra.