Diskon tarif Tol Trans Jawa diperpanjang hingga Lebaran

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan diskon tarif Tol Trans Jawa dipastikan diperpanjang sampai mudik Lebaran.

Presiden Joko Widodo saat meresmikan ruas Tol Trans Jawa. / Facebook

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan potongan harga alias diskon tarif Tol Trans Jawa diperpanjang sampai mudik Lebaran. 

"Belum, itu (tarif Tol Trans Jawa) masih pakai diskon, diperpanjang diskonnya dua bulan. Kemungkinan sampai lebaran," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di gedung DPR, Senin (25/3). 

Padahal, seharusnya diskon tarif tol berakhir pada 21 Maret lalu atau dua bulan pascaditetapkan pada 21 Januari 2019. Menurut menteri, penetapan tarif itu sulit ditentukan karena berdasarkan laporan dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), pembangunannya lebih dari satu tahun. 

"Kemudian ini yang harus dihitung terus. Di samping badan usahanya macam-macam, pembangunannya pun juga waktunya berbeda-beda. Investasinya berbeda-beda. Sehingga hitungan per kilometer berbeda-beda. Ini yang masih dibicarakan oleh BUJT," kata Basuki. 

Terpisah, Corporate Communication and Community Development Grop Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk., Dwimawan Heru mengatakan, saat ini pihaknya masih mencoba menetapkan mekanisme baru untuk tarif Tol Trans Jawa dengan beberapa pihak, seperti Badan Usaha lainnya, Kementerian PUPR, dan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT).