ESDM gandeng Polri awasi distribusi solar dan premium

Polri membentuk Satgas Kuda Laut untuk mengawasi distribusi BBM jenis solar dan premium.

Kapolri Jenderal Idham Azis (kiri) dan Menteri ESDM Arifin Tasrif (tengah) menandatangani perjanjian kerja sama distribusi BBM jenis solar dan premium di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (9/1/2020). Dokumentasi Polri.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan perjanjian kerja sama dengan Polri dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mengawasi distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) tertentu jenis solar dan premium.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan penandatanganan MoU antarlembaga tersebut sebagai bentuk komitmen tinggi pemerintah dalam memberikan kepastian layanan penyediaan dan pendistribusian BBM kepada masyarakat. 

"Sebagai komoditas vital dan mengusai hajat hidup orang banyak, pemerintah wajib menjamin ketersedian dan kelancaran pendistribusian BBM sebagaimana amanat UU Migas," kata Arifin dalam acara penandatanganan MoU di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (8/1).

Arifin menyatakan selama ini penyaluran dan penyediaan BBM saat hari besar nasional acapkali terhambat. Untuk itu, ke depan, Polri dan Kemendagri akan mengawasi distribusi untuk menjamin ketersediaan BBMn bagi masyarakat.

"Pengawasan ini juga mengantisipasi ketersediaan BBM pada hari besar dan hari libur nasional," ujar Arifin.