sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

ESDM gandeng Polri awasi distribusi solar dan premium

Polri membentuk Satgas Kuda Laut untuk mengawasi distribusi BBM jenis solar dan premium.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 09 Jan 2020 11:32 WIB
ESDM gandeng Polri awasi distribusi solar dan premium
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 2491
Dirawat 2090
Meninggal 209
Sembuh 192

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan perjanjian kerja sama dengan Polri dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mengawasi distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) tertentu jenis solar dan premium.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan penandatanganan MoU antarlembaga tersebut sebagai bentuk komitmen tinggi pemerintah dalam memberikan kepastian layanan penyediaan dan pendistribusian BBM kepada masyarakat. 

"Sebagai komoditas vital dan mengusai hajat hidup orang banyak, pemerintah wajib menjamin ketersedian dan kelancaran pendistribusian BBM sebagaimana amanat UU Migas," kata Arifin dalam acara penandatanganan MoU di Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (8/1).

Arifin menyatakan selama ini penyaluran dan penyediaan BBM saat hari besar nasional acapkali terhambat. Untuk itu, ke depan, Polri dan Kemendagri akan mengawasi distribusi untuk menjamin ketersediaan BBMn bagi masyarakat.

"Pengawasan ini juga mengantisipasi ketersediaan BBM pada hari besar dan hari libur nasional," ujar Arifin.

Di sisi lain, Arifin mengatakan penyaluran JBT solar pada 2019 juga melebihi batas kouta. Sehingga Kementerian ESDM perlu mengambil langkah taktis dan strategis dengan penguatan dan efektivitas pengawasan distribusi BBM di seluruh wilayah Indonesia. Dengan demikian, setidaknya Indonesia mampu menekan impor BBM sehingga defisit neraca perdagangan migas dapat diperbaiki.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Idham Azis mengatakan pihaknya telah membentuk satuan tugas (Satgas) Kuda Laut yang akan fokus pada pengawasan penyediaan dan pendistribusian BBM. Satgas Kuda Laut  dipimpin Kabareskrim Komjen Listyo Sigit dan beranggotakan Wakabaharkam dan Kakorbrimob.

"Saya tugaskan Kapolda dan Kapolres untuk benar-benar awasi pendistribusian BBM. Satgas Kuda Laut yang dibentuk di tingkat pusat juga harus optimal mengawal seluruh BBM dapat terdistribusi dengan baik," tutur Idham Azis.

Sponsored
Opsi lockdown yang diabaikan Jokowi...

Opsi lockdown yang diabaikan Jokowi...

Senin, 06 Apr 2020 06:02 WIB
Menagih janji keringanan cicilan utang

Menagih janji keringanan cicilan utang

Senin, 06 Apr 2020 05:43 WIB
Berita Lainnya