Genjot ekspor jeruk, budi daya Daysindo Agrihorti dimasifkan

Jeruk keprok Daysindo adalah varietas unggul baru (VUB) yang dikembangkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan).

Jeruk keprok Daysindo Agrihorti, varietas unggul baru yang dikembangkan Balitbangtan dan dirilis pada akhir 2021. Dokumentasi Balitbangtan Kementan

Kementerian Pertanian (Kementan) bakal memasifkan budi daya jeruk keprok Daysindo Agrihorti. Kebijakan ini diambil guna menggenjot produk sehingga memenuhi kebutuhan dalam negeri sekaligus melipatgandakan volume ekspor jeruk lokal.

Jeruk keprok Daysindo adalah varietas unggul baru (VUB) yang dikembangkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). Buah lokal ini dirilis pada akhir 2021 berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian (Kepmentan) Nomor 764/Kpts/PV.240/D/11/2021. 

Pemulia Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) Balitbangtan Kementan, Emi Budiyati, mengatakan, jeruk Daysindo Agrihorti memiliki beberapa karakteristik.

“Jeruk ini mempunyai ciri tekstur buah yang halus, kerapatan pori sedang, bentuk tajur menyebar ke atas, dan kulit buah matangnya berwarna oranye," bebernya dalam keterangan tertulis, Jumat (11/2).

Daysindo juga memiliki beberapa keunggulan, antara lain rasa manis dan segar dengan brix mencapai 15-16 derajat, berat berkisar 177-280 gram, daya simpan 40-45 hari, dan tanamannya adaptif di dataran tinggi.