Green warehouse, tren logistik di 2024

Green warehouse alias gudang ramah lingkungan menjadi salah satu tren di sektor logisitik tahun ini.

Gudang PT Vastland Indonesia Tbk. (VAST) Klaten, Jawa Tengah. Foto dokumentasi VAST.

Aspek berkelanjutan dan ramah lingkungan menjadi isu yang digaungkan banyak pihak. Green warehouse alias gudang ramah lingkungan menjadi salah satu tren di sektor logisitik tahun ini.

Green warehouse merupakan istilah untuk menggambarkan gudang yang dirancang dan dioperasikan dengan pendekatan ramah lingkungan dan efisiensi sumber daya. Ini tidak hanya mencakup desain bangunan tetapi juga operasional harian dan manajemen supply chain.

Sejumlah perusahaan mengadopsi konsep tersebut. Salah satunya, PT Vastland Indonesia Tbk.(VAST), emiten pengembang properti pergudangan. Perusahaan mengimplementasikan sumber energi terbarukan pada beberapa fasilitas pergudangan mereka. Dengan menggunakan panel surya, diklaim mampu melakukan penghematan energi hingga 10% pada tahun 2023.

Direktur Keuangan VAST Stanley V Gunawan mengatakan green warehouse juga sejalan dengan ekonomi hijau yang merupakan salah satu dari enam strategi transformasi ekonomi Indonesia yang ditetapkan oleh Kementerian/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk mencapai visi Indonesia 2045. Menurutnya, green warehouse memang diprediksi akan semakin diminati tahun ini, apalagi dengan dengan adanya Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon dan pengendalian GRK (gas rumah kaca).

"Di samping pergudangan hijau yang akan menjadi nilai tambah dan meningkatkan efisiensi energi perusahaan, VAST juga akan diuntungkan dengan lokasi pergudangan yang strategis," ujar Stanley, Senin (29/1).