Harga CPO turun, pemerintah dorong produksi green gasoline

Pemerintah terus berupaya agar minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan dalam negeri .

Pemerintah terus berupaya agar minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan dalam negeri . / Antara Foto

Pemerintah terus berupaya agar minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan dalam negeri di tengah harga sawit yang terus mengalami penurunan.

Direktur Jenderal Industri Agro Abdul Rochim mengatakan pemerintah akan mendorong industrialisasi biohidrokarbon dari minyak sawit mentah menjadi green gasoline. Bahan bakar ramah lingkungan ini  akan menjadi prioritas utama produk olahan CPO di samping bahan bakar biodiesel 30% (B30).

“Kita akan fokus ke green gasoline yang premiumnya ke depan, dengan (penggunaan) lebih banyak ke dalam negeri agar harga lebih stabil,” ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Senin (17/6).

Ia melanjutkan saat ini serapan yang banyak untuk produk CPO masih didominasi oleh industri makanan dan minuman (mamin). 

“Karena industri mamin cukup tinggi, sisi sharenya masih besar,” ujarnya.