Hijaunya laba bisnis tanaman hias lewat marketplace

Shop with Sky mencatat kenaikan penjualan 3-4 kali lipat melalui bisnis tanaman hias.

Semasa kanak-kanak, Patricia Aristo (31) sering melihat ibundanya mengurus tanaman di teras rumah keluarga. Kala itu, ia membenci kegiatan berkebun yang dianggapnya kotor. Namun, lambat laun rasa benci tersebut berubah menjadi suka ketika Patricia dan keluarganya pindah rumah.

Sang ibu memintanya untuk memelihara tanaman yang dapat mengurangi polusi udara. Tanpa berpikir panjang, ia pun mengikuti saran ibunya.

“Akhirnya aku coba dan itu benar-benar bikin beda suasana rumah, debunya juga makin berkurang. Waktu itu tanamannya Sansevieria atau lidah mertua. Sejak itu mulai hobi. Aku hobi belajar bercocok tanam dan share di Instagram. Waktu itu enggak ada yang suka tanaman, belum kayak sekarang,” tuturnya kepada Alinea.id beberapa waktu yang lalu.

Berawal dari rasa cinta terhadap tanaman, ibu satu anak itu lalu memutuskan untuk menjajakan koleksinya. Awalnya ia iseng menjual tanaman Monstera yang dipeliharanya pada 2016. Tanaman itu dijajakannya di  toko daring Shop with Sky melalui platform marketplace Tokopedia.

Kala itu, ialah satu-satunya orang yang menjual tanaman asal Amerika Selatan tersebut di Tokopedia. Sayang, tanaman tersebut tak kunjung diminati oleh para pembelinya.