Hutama Karya sesumbar pembangunan jalan tol akses IKN selesai 2024

Selain seksi 3A, secara pararel juga dibangun jalan tol seksi 3B sepanjang 7,32 km dan seksi 5A sepanjang 6,67 km.

PT Hutama Karya sesumbar pembangunan jalan tol akses IKN seksi 3A (Karangjoang-KKT Kariangau) dapat selesai 2024. Dokumentasi Kementerian PUPR

PT Hutama Karya (Persero) optimistis pembangunan jalan tol akses Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara seksi 3A selesai pada 2024. Proyek berada di Karangjoang-KKT Kariangau.

"Kami masih optimis pada tahun depan jalan tol itu bisa diharapkan selesai," ujar Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto, dalam keterangannya, Kamis (10/8). "Progres per Juli, konstruksi fisik pembangunan tol tersebut mencapai 10%."

Jalan tol akses IKN seksi 3A yang ditangani Hutama Karya mencapai 13,4 km. Kehadiran jalan berbayar ini diharapkan memberikan kemudahan akses transportasi, membuka lapangan pekerjaan baru, dan meningkatkan perekonomian daerah sekitar.

Selain seksi 3A, secara pararel juga dibangun jalan tol seksi 3B (KKT Kariangau-simpang Tempadung) sepanjang 7,32 km dan seksi 5A (simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang) 6,67 km.

Jalan tol yang bakal terhubung Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) ini akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju kawasan inti IKN dari sekitar 2 jam menjadi 30 menit.