Ikuti perkembangan digital, perbankan investasi ke IT

BTN bakal menerbitkan produk baru seperti kartu e-money, kartu kredit dan QR Payment

Ilustrasi/Pexels.com

Pada era digital yang dinamis seperti saat ini, tuntutan masyarakat untuk memperoleh jawaban akan kebutuhan secara praktis dan cepat makin tinggi. Semua sektor termasuk perbankan didorong untuk memenuhi tuntutan tersebut.

Sejumlah perbankan mulai berbenah mengikuti perkembangan digital. Bank spesialis kredit perumahan rakyat (KPR), PT Bank Tabungan Negara Tbk bakal menerbitkan produk baru seperti kartu e-money, kartu kredit dan QR Payment. Direktur BTN Adi Setianto mengatakan tengah mempersiapkan infrastruktur pendukung untuk menunjang platform anyar itu. 

"Saat ini kami sedang mempersiapkan pengajuan izin lisensi penerbitan kartu e-money, kartu kredit dan QR payment ke Bank Indonesia," ujar Adi, Jakarta, Selasa (6/2). Ketiga produk baru itu ditargetkan bisa meluncur tahun ini.

Untuk membangun infrastruktur teknologi informasi (IT), bank yang mencatatkan diri di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan ticker BBTN itu melakukan sinergi dengan BUMN lainnya. Strategi itu dilakukan agar perusahaan tak perlu menggelontorkan biaya investasi sendiri berupa belanja modal atau capital expenditure, melainkan hanya biaya operasional operational expenditure sehingga menjadi lebih efisien. 

"Pengeluaran maintanance IT kami sesuai dengan kebutuhan saja, sehingga tidak perlu banyak mengeluarkan dana investasi. Seperti data center BTN yang juga menggandeng salah satu BUMN," jelasnya.