Indonesia bantah sembilan tuduhan Uni Eropa atas subsidi biodiesel

Uni Eropa menyatakan Indonesia telah melanggar aturan dunia untuk subsidi biodiesel.

Pemerintah Indonesia membantah tuduhan Uni Eropa atas pemberian subsidi untuk produk biodiesel. / Antara Foto

Pemerintah Indonesia membantah tuduhan Uni Eropa atas pemberian subsidi untuk produk biodiesel. Direktur Pengamanan Perdagangan Kementerian Perdagangan Pradnyawati mengatakan Uni Eropa menuduh pemerintah Indonesia memberikan subsidi yang dilarang dalam kebijakan organisasi perdagangan dunia (WTO).

“Tuduhannya pemerintah dan lembaga memberikan subsidi yang dilarang WTO agreement. Yaitu berupa kontribusi finansial, diberikan oleh pemerintah atau lembaga yang dipercaya oleh pemerintah dan bersifat spesifik memberikan benefit kepada produsen,” katanya dalam konferensi pers di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (26/7).

Ia menjelaskan, jika subsidi itu khusus diberikan kepada satu komoditas tertentu misalnya kelapa sawit saja, dianggap tidak fair, karena dinilai akan mendistorsi harga.

“Padahal kita memberi subsidi kepada semuanya, tidak ada yang dikhususkan,” ujarnya. 

Uni Eropa mengeluarkan sembilan tuduhan terhadap Indonesia. Tuduhan itu pertama pemberian dana subsidi bagi produsen biodiesel. Pradnyawati mengatakan, hal ini terkait dengan dana dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS).