Ini saran Apindo untuk Jokowi dan Prabowo

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyarankan kepada Jokowi dan Prabowo sebagai Capres di sektor ekonomi.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyarankan kepada Jokowi dan Prabowo sebagai Capres untuk memperhatikan implementasi terhadap semua kebijakan-kebijakan yang diusungnya. / Setkab

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyarankan kepada Jokowi dan Prabowo sebagai Capres untuk memperhatikan implementasi terhadap semua kebijakan-kebijakan yang diusungnya. 

Wakil Ketua Apindo Shinta Kamdani menerangkan, setidaknya ada beberapa hal yang harus difokuskan dalam memajukan perekonomian Indonesia. 

Dimulai dari regulasi perizinan usaha, sampai kepada tenaga kerja untuk menghadapi daya saing di pasar global. Menelisik dari kebijakan yang ada saat ini, kata dia, seringkali implementasinya tidak sempurna. 

"Dari regulasi perizinan, tadinya pusat dan daerah mau diintegrasikan, misalnya lewat OSS (one single submission). Ini belum jalan. Masih banyak tumpang tindih antara pusat dan daerah. Walaupun kebijkannya kelihatan policy-nya jelas, kenyataannya tidak jalan di lapangan," kata Shinta usai menjadi pembicara pada Indonesia Economic Forum 2018 di Jakarta, Rabu (21/11). 

Menurut dia, yang perlu diperhatikan di era industrilisasi ini mengenai ketenagakerjaan. Era digital dinilai akan menjadi isu besar dalam menjalankan perekonomian ke depan.