Investor lebih suka Jokowi-Maruf atau Prabowo-Sandi?

Investor pasar keuangan merespons Capres-Cawapres 2019 antara Prabowo-Sandiaga dan Jokowi-Maruf Amin. Siapa paling disukai?

Investor pasar keuangan memberikan respons terhadap pendaftaran dua pasangan Capres-Cawapres untuk Pilpres 2019. / Antara Foto

Investor pasar keuangan merespons Capres-Cawapres 2019 antara Prabowo-Sandiaga dan Jokowi-Maruf Amin. Siapa paling disukai?

Dua pasangan calon presiden dan wakil presiden resmi mendaftar sebagai kandidat Pilpres 2019 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (10/8). Kedua pasangan itu adalah Joko Widodo-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno.

Pengamat pasar modal Rudy Utomo menilai bahwa respons investor terhadap nama-nama calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2019 cukup positif bagi industri pasar modal.

"Pasangan Jokowi yakni Maruf Amin, sementara Prabowo dengan Sandiaga Uno cukup dikenal di industri pasar modal, jadi pasar responnya relatif positif," ujar Rudi Utomo yang juga Direktur Utama Evergreen Sekuritas di Jakarta, Jumat (10/8).

Dia menjelaskan, pada 2011 lalu Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa mengenai jual beli saham di pasar modal, tertulis dalam Fatwa DSN Nomor 80/DSN-MUI/III/2011 tentang Penerapan Prinsip Syariah Dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek.