Jokowi: APBD penting untuk pacu pertumbuhan ekonomi daerah

Jokowi mengatakan, serapan APBD perlu didorong untuk memacu pertumbuhan ekonomi daerah.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya di Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2022, Kamis (18/8). YouTube/Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dalam sambutannya di Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022, Kamis (18/8). Disampaikan Jokowi, sampai hari ini, belanja APBD baru sebesar 39,3% dari total anggaran.

"Hati-hati ini, baru Rp472 triliun. Padahal, ini penting sekali untuk yang namanya perputaran uang di daerah. Pertumbuhan ekonomi di daerah, ini yang namanya APBD ini segera keluar agar beredar di masyarakat. Ini penting sekali," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, serapan APBD perlu didorong untuk memacu pertumbuhan ekonomi daerah. Sebab, Jokowi mengecek, masih ada ratusan triliun APBD di bank yang belum dipergunakan sebagaimana mestinya.

"Saya cek APBD di bank. Hal-hal kecil seperti ini harus saya cek dan saya harus tahu angkanya, ada berapa uang APBD di bank. Masih Rp193 triliun, sangat besar sekali. Ini yang harus didorong agar ikut memacu pertumbuhan ekonomi di daerah," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi turut menyoroti angka inflasi Indonesia yang berada di angka 4,9%. Jokowi mengatakan, nilai inflasi tersebut didukung oleh tidak naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di dalam negeri.