Dorong potensi Indonesia, Jokowi: Buat negara lain bergantung sama kita

Jokowi mendorong agar Indonesia menghasilkan produk-produk yang menciptakan ketergantungan dari negara lain.

Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato kunci dalam Kompas100 CEO Forum Tahun 2022, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (2/12). (YouTube/Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong agar potensi besar yang dimiliki Indonesia dapat digunakan dalam membangun strategi untuk mewujudkan negara maju. Potensi negeri ini di antaranya meliputi kekayaan sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM), bonus demografi, hingga ceruk pasar yang besar.

"Inilah kekuatan yang sering tidak kita sadari dan harus saya ingatkan terus, termasuk posisi kita di jalur perdagangan dunia. Kekuatan inilah yang harus kita ingat-ingat terus dalam rangka membangun sebuah strategi besar, bisnis negara, strategi besar ekonomi negara, agar kita bisa mencapai visi yang kita inginkan,” kata Jokowi dalam pidatonya pada acara Kompas100 CEO Forum Tahun 2022, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (2/12).

Disampaikan Jokowi, berdasarkan pantauan yang dilakukannya, banyak negara yang bergantung pada komoditas dari Indonesia, misalnya batu bara hingga minyak sawit.

"Sebetulnya ini sudah beberapa kali saya cek, siapa sih yang tergantung kepada kita, ternyata banyak sekali. Begitu batubara kita setop dua minggu saja, yang telepon ke saya banyak sekali kepala negara, perdana menteri, presiden, saya kaget juga," tuturnya.

Hal serupa juga terjadi saat Indonesia menghentikan ekspor minyak sawit mentah (CPO) dan turunannya beberapa waktu lalu. Jokowi mengungkapkan, penghentian ekspor dilakukan sebab pemerintah mengutamakan pemenuhan kebutuhan dalam negeri.