Jokowi desak perbankan turunkan bunga kredit

Presiden Joko Widodo meminta perbankan menurunkan bunga kredit karena BI sudah memangkas suku bunga acuan.

Presiden Joko Widodo meminta para pelaku industri perbankan untuk menurunkan suku bunga kredit. / Antara Foto

Presiden Joko Widodo meminta para pelaku industri perbankan untuk menurunkan suku bunga kredit. Hal ini menyusul kebijakan Bank Indonesia memangkas suku bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate (7DRR) hingga 5%.

"Saya mengajak serius memikirkan untuk menurunkan suku bunga kredit. Masa negara lain sudah turun, BI rate sudah turun, banknya belum? Saya tunggu," kata Presiden Joko Widodo dalam pembukaan Indonesia Banking Expo (IBEX) 2019 di Jakarta, Rabu (6/11).

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan industri perbankan dan asuransi harus siap menghadapi persaingan industri keuangan global yang makin sengit. Apalagi, di era digitalisasi, lahir model bisnis baru seperti pembayaran digital.

Dengan peta persaingan yang makin ketat, Jokowi berharap industri perbankan bisa beroperasi lebih efisien. Dia juga bercerita lima tahun lalu meminta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menggabungkan anjungan tunai mandiri milik berbagai bank negara.

“Bank dan non-bank harus bergabung, jangan bekerja sendiri-sendiri. Bikin satu ATM yang bisa dipakai 4-5 bank. Buat apa menghamburkan uang?” kata dia.