Jokowi harap TEI Expo tingkatkan surplus neraca perdagangan Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37.

Presiden Jokowi membuka acara TEI ke-37 di ICE, BSD City, Tangerang, Banten, Rabu (19/10/2022). (Dok. Humas Setkab)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka gelaran Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 yang diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang, Banten, hari ini (19/10). Gelaran tersebut dapat membukukan transaksi dalam jumlah besar, sekaligus meningkatkan surplus neraca perdagangan Indonesia.

"Saya mengucapkan selamat pada Trade Expo Indonesia ke-37 ini. Semoga nanti apa yang tadi ditargetkan oleh Menteri Perdagangan, lebih dari 10 miliar Dolar AS, betul-betul bisa kita capai. Kita harapkan itu akan mendorong surplus neraca perdagangan kita pada masa-masa mendatang," kata Jokowi dalam sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga mengapresiasi kinerja seluruh pihak yang berhasil mempertahankan surplus neraca perdagangan Indonesia hingga kurun waktu 29 bulan.

“Ini atas dukungan Bapak-Ibu sekalian, sudah 29 bulan kita terus surplus neraca dagang kita. Tadi sudah disampaikan oleh Pak Zul, Menteri Perdagangan, dari Januari-September surplus kita mencapai USD39,8 miliar. Ini jumlah yang tidak sedikit, ini juga berkat kerja keras Bapak-Ibu sekalian,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi meyakini perekonomian Indonesia di kuartal ketiga masih tumbuh. Jokowi menilai, neraca dagang surplus, pertumbuhan kredit, dan indeks kepercayaan konsumen masih dalam kondisi yang baik.