Jokowi kejar target proyek transportasi

Dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dicanangkan pemerintah Joko Widodo, terdapat 33 proyek terkait transportasi.

Rangkaian Light Rail Transit (LRT) Palembang berada di Stasiun Bumi Sriwijaya, Palembang, Sumatra Selatan, Jumat (13/7). Presiden Joko Widodo mengatakan, Palembang merupakan kota pertama yang memiliki LRT dan akan menjadi percontohan bagi kota besar lainnya di Indonesia untuk membuat transportasi massal. / Antara Foto

Roda pembangunan infrastruktur terus menggelinding. Salah satu sektor yang terus dikebut pembangunannya adalah transportasi. Memang, sektor ini bukan hanya penting bagi kehidupan praktis masyarakat, namun juga disebut sebagai penggerak ekonomi negara. 

Dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dicanangkan pemerintah Joko Widodo, terdapat 33 proyek terkait transportasi. Pembangunan transportasi menjadi sangat krusial karena berkaitan dengan sektor lainnya seperti logistik dan pariwisata. Proyek ini berada di bawah tanggung jawab Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Pada paruh pertama 2018, sejumlah proyek PSN sudah rampung dan beroperasi, seperti Bandara Kertajati. Sementara, beberapa proyek transportasi sudah mendapat lampu hijau untuk digarap, di antaranya Pelabuhan Kijing yang sudah diteken konsesi pembangunannya. 

Dalam kunjungan kerja ke berbagai lokasi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan beberapa proyek akan dimulai tahun ini. Adapun proyek yang sudah siap buat digarap yakni Pelabuhan Patimban dan Kanal Cikarang Bekasi Laut.

Budi mengatakan Jawa Barat menjadi sasaran pengembangan beberapa proyek strategis pemerintah karena potensi penduduk yang besar dan industri yang sangat berkembang. Salah satu proyek yang sedang didorong penyelesaiannya adalah Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat dengan nilai investasi Rp43,2 triliun.